PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERKULIAHAN ONLINE PADA SEKOLAH TINGGI DESAIN INDONESIA (STDI) BERBASIS WEB

Main Article Content

Iyan Gustiana
Muhammad Harish Arsyad

Abstract

Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI) merupakan salah satu jenjang pendidikan tertinggi yang menyelenggarakan pendidikan desain dengan Desain Interior, Desain Komunikasi Visual dan Desain Komunikasi Fashion. Dalam kegiatan perkuliahan terkadang masih terdapat beberapa masalah diantaranya proses dosen ketika memberikan materi yang biasanya tidak tersampaikan semuanya di kelas dan juga dalam pengumpulan tugas yang terkadang tidak efisien dan terkadang juga masih bergantung kepada wakil kelas dalam penyebaran informasi.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berorientasi objek dan metode pengembangannya menggunakan prototype. Cara pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Penulis menggunakan alat bantu dan teknik pengerjaan, seperti Use case diagram, skenario diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, deployment diagram. Proses pembuatan dengan menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan perangkat lunak Adobe Dreamweaver CS6, Sublime Text 3.0, Xampp 3.2 dan Google Chrome dengan Bahasa pemograman yang digunakan yaitu PHP dan HTML dengan menggunakan database berupa MySQL.
Berdasarkan hasil pengujian, maka di harapkan sistem usulan yang dirancang ini dapat memberikan informasi serta membantu dosen, mahasiswa, dan baak mempermudah melakukan interaksi yang berhubungan dalam perkuliahan.

Article Details

Section
Artikel