PEMBUATAN APLIKASI VERIFIKASI PEMBAYARAN DENGAN METODE WEB SCRAPING PADA PENGEMBANGAN APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS: POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG)

  • Yana Mulyana
  • Peti Savitri
Keywords: aplikasi, verifikasi, scraping, html

Abstract

Aplikasi verifikasi pembayaran adalah aplikasi yang akan menggantikan proses manusia dalam hal verifikasi pembayaran. Pada penelitian ini dengan menggunakan metode web scraping maka data transaksi pembayaran yang masuk ke dalam rekening bank dapat diambil untuk mengotomatisasi pembayaran. Web Scraping adalah metode untuk proses pengambilan sebuah dokumen semi-terstruktur dari internet, umumnya berupa halaman-halaman web dalam bahasa markup seperti HTML atau XHTML. Metodologi untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan Web Engineering yang terdiri dari penggunaan pendekatan sistematis dan terukur untuk mencapai spesifikasi, implementasi, operasi, dan pemeliharaan aplikasi web berkualitas tinggi. Hasil dari penelitian ini, berupa aplikasi verifikasi pembayaran yang dapat memberikan kemudahan pada proses pendaftaran mahasiswa baru karena dapat melayani pendaftaran sampai selesai secara otomatis tanpa bantuan panitia.

References

Matthew Turland, php architect’s Guide to Web Scraping. Toronto: Marco Tabini & Associates, Inc, 2010.

Roger S Pressman and David Lowe, Web Engineering: A Practitioner's Approach. MacGraw-Hill: New York, 2009.

Gerti Kappel, Birgit Proll, Siegfried Reich, and Werner Retschitzegger, Web Engineering The Discipline of Systematic Development. Heidelberg: John Wiley & Sons Ltd., 2006.

guide, Visual Paradigm user's, "Visual Paradigm user's guide,".

Willard Wendy, HTML: A Beginner’s Guide. New York: McGraw-Hill, 2006.

Abdul Kadir, Dasar pemrograman web dinamis menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi, 2008.

Jason Gilmore W., Beginning PHP and MySQL from novice to professional. United Stated America: Apress, 2008.

Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (Penerbit

Andi), 2012.

Hakim Lukmanul, Proyek Website Super Wow! dengan PHP & jQuery. Yogyakarta: PT. Lokomedia, 2013.

Kenneth E. Kendall and E Julie Kendall, Systems Analysis and Design 8th Edition : Prentice Hall, 2010.

Grady Booch, James Rumbauhg, and Ivar Jacobson, The Unified Modeling Language User Guide. 2nd ed. Boston, USA: Addison Wesley Professional, 2005.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
Y. Mulyana and P. Savitri, “PEMBUATAN APLIKASI VERIFIKASI PEMBAYARAN DENGAN METODE WEB SCRAPING PADA PENGEMBANGAN APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS: POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG)”, JAMIKA, vol. 5, no. 2, Mar. 2018.