WEBSITE SMA NEGERI 4 BANDUNG

  • Rangga Sidik Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Deni Hamdani Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: website, sekolah, SMA, Bandung

Abstract

Dengan adanya teknologi informasi, pengguna dapat melakukan proses pertukaran data serta mengakses informasi sesuai kebutuhan secara cepat. Salah satu dari kemajuan dari teknologi informasi adalah dengan adanya teknologi Website. Dengan adanya teknologi tersebut, pengembang dapat membuat suatu aplikasi yang dimana dapat diakses oleh para pengguna di seluruh dunia. Instansi khususnya Lembaga pendidikan (dalam hal ini sekolah) dapat memanfaatkan website tersebut sebagai sarana penunjang pembelajaran dan diskusi baik siswa maupun guru. SMA Negeri 4 Bandung merupakan satu dari beberapa lembaga pendidikan yang ada saat ini. Sekolah tersebut memiliki fasilitas yang memadai dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Namun yang menjadi kendala yang ada adalah belum adanya sumber penyedia informasi yang berhubungan dengan sekolah, belum adanya pusat pengumpulan tugas digital, beserta kuis yang memerlukan waktu yang lama untuk memeriksanya.
Metode pengembangan sistem yang digunakan oleh peneliti adalah Prototype. Untuk perancangan sistem digunakan Usecase, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Sementara untuk perancangan program peneliti menggunakan bahasa PHP dan MySQL
Perancangan sistem ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan pengumpulan tugas dan pengerjaan kuis, sehingga dapat bermanfaat bagi pihak sekolah serta masyarakat.

References

Bahasa, Tim Pusat. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan National. Jakarta.

Larman, Craig. 2001. Applying UML and Patterns: An Introduction to Object-Oriented Analyst and Design and the Unified Process, Second Edition. Prentice Hall. New Jersey.

O’Brien, James A. and George M. Marakas. 2007. Introduction of Information System, 5th Edition. McGraw Hill. New York.

Rumbaugh, James, Ivar Jacobson, and Grady Booch. 2005. The Unified Modeling Language Reference Manual 2nd Edition. Addison-Wesley. Massachusetts.

Van Belle, Jean-Paul, Mike G. Eccles, and Jane M. Nash. 2001. Discovering Information Systems. Berne Convention. South Africa.

Matkovic, Predrag, and Pere Tumbas. 2010. A Comparative Overview of Software Developing Models. International Journal of Industrial Engineering and Management (IJIEM), Vol.1 No 4. December. p. 163-172.

http://id.wikipedia.org/wiki/situs_web.

Situs Web. 3 Juli 2013.

http://www.dikti.go.id.

Peraturan Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 8 Juni 2013.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
R. Sidik and D. Hamdani, “WEBSITE SMA NEGERI 4 BANDUNG”, JAMIKA, vol. 6, no. 1, Mar. 2018.