IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY DENGAN MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO PADA APLIKASI DIAGNOSA AUTIS PADA ANAK-ANAK

Marliana Budhiningtias Winanti, Firdaus Fahrul Reza

Abstract


Autis atau Autisme merupakan kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang membuat penderita sulit untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Gejala-gejala yang dapat dilihat pada penderita autis berdasarkan 3 kelemahan tertentu, yaitu interaksi, perilaku, dan komunikasi. Aplikasi ini mengimplementasikan algoritma fuzzy dengan menggunakan metode tsukamoto. Dengan berdasarkan algoritma fuzzy metode tsukamoto akan menghasilkan suatu logika yang mampu menganalisa penderita terkena autis atau tidak.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif, karena dibutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang autis, bagaimana cara mengdiagnosa autis juga dibutuhkan metode yang biasa digunakan oleh para ahli untuk mendiagnosa autis yang dapat digunakan dalam pengimplementasian algoritma fuzzy. Dengan menggunakan metode prototype dalam pengembangan sistemnya. Metode pendekatan perangkat lunak menggunakan metode pendekatan yang berorientasi objek.
Berdasarkan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa implementasi algoritma fuzzy dengan menggunakan metode tsukamoto dapat menyesuaikan input dan outputnya sehingga dapat mengetahui apakah penderita tersebut terkena autis atau tidak, dengan keakuratan sekitar 70%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.