APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DI SMKN 9 BANDUNG

Erna Susilawati, Alfi Yudha

Abstract


Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling penting di bidang pendidikan begitu juga di bidang pekerjaan. Dalam bahasa inggris terdapat banyak pola-pola kalimat, salah satunya tenses.Tenses adalah pola kalimat yang membentuk suatu gambaran atau penjelasan kapan suatu peristiwa, kejadian, atau tindakan terjadi di dalam kalimat yang sesuai dengan keadaan, antara lain: sekarang (Present), akan datang (Future), atau lampau (Past). Pada materi tersebut para peserta didik kesulitan memahaminya, lebih mudah lupa tentang struktur tenses dan belum adanya aplikasi mobile pembelajaran tenses bahasa inggris. Tujuan pembuatan Aplikasi Tenses ini mempermudah peserta didik untuk memahami materi tenses tersebut.
Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode pengumpulan data, diantaranya menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode pengembangan yang digunakan adalah RUP (Rational United Process) dan metode pendekatan berbasis objek. Alat bantu yang digunakan pada perancangan sistem ini menggunakan pemodelan UML meliputi Diagram Use Case, Diagram Activity, Diagram Class, Diagram Sequence, dan Diagram Collaborasi dan perangkat lunak yang digunakan penulis adalah Android Development Tools (ADT) dan SQLite sebagai database.
Dengan aplikasi tenses ini para peserta didik lebih mudah memahami tentang materi tenses ini dan mempermudah mengingat macam-macam struktur-struktur tenses serta mengetahui kemampuan peserta didik dengan adanya menu latihan soal dalam aplikasi tenses tersebut. Aplikasi ini akan diterapkan pada platform android yang merupakan platform opensource.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.