APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DI SMKN 9 BANDUNG

  • Erna Susilawati Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Alfi Yudha Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: bahasa inggris, tenses, struktur tenses, android

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling penting di bidang pendidikan begitu juga di bidang pekerjaan. Dalam bahasa inggris terdapat banyak pola-pola kalimat, salah satunya tenses.Tenses adalah pola kalimat yang membentuk suatu gambaran atau penjelasan kapan suatu peristiwa, kejadian, atau tindakan terjadi di dalam kalimat yang sesuai dengan keadaan, antara lain: sekarang (Present), akan datang (Future), atau lampau (Past). Pada materi tersebut para peserta didik kesulitan memahaminya, lebih mudah lupa tentang struktur tenses dan belum adanya aplikasi mobile pembelajaran tenses bahasa inggris. Tujuan pembuatan Aplikasi Tenses ini mempermudah peserta didik untuk memahami materi tenses tersebut.
Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode pengumpulan data, diantaranya menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode pengembangan yang digunakan adalah RUP (Rational United Process) dan metode pendekatan berbasis objek. Alat bantu yang digunakan pada perancangan sistem ini menggunakan pemodelan UML meliputi Diagram Use Case, Diagram Activity, Diagram Class, Diagram Sequence, dan Diagram Collaborasi dan perangkat lunak yang digunakan penulis adalah Android Development Tools (ADT) dan SQLite sebagai database.
Dengan aplikasi tenses ini para peserta didik lebih mudah memahami tentang materi tenses ini dan mempermudah mengingat macam-macam struktur-struktur tenses serta mengetahui kemampuan peserta didik dengan adanya menu latihan soal dalam aplikasi tenses tersebut. Aplikasi ini akan diterapkan pada platform android yang merupakan platform opensource.

References

A.Faidlal Rahman Ali, SE. Par, 2007. Fundamentals of English Grammar. Yogyakarta.

Nazruddin Safaat H. 2012. Android pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis android. Informatika. Bandung.

Yasmi Afrizal dan Wahyuni. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Unikom. Bandung.

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Jonathan Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Dr.Juliansyah noor,S.E.,M.M. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi,Tesis,Disertesi dan Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Dr Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. CV.Alfabeta.Bandung.

http://www.wordsmile.com/tenses-introduction/28 Mei 2013

http://www.wikipedia.com/28 Mei

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
E. Susilawati and A. Yudha, “APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DI SMKN 9 BANDUNG”, JAMIKA, vol. 6, no. 1, Mar. 2018.