SISTEM INFORMASI PELAYANAN RESERVASI TIKET PADA UMBARA TRANS BERBASIS MOBILE ANDROID

  • Rani Puspita Dhaniawaty Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Avner Mahesa K Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: sistem, mobile android, pelayanan reservasi tiket

Abstract

Perkembangan teknologi komputer khususnya bidang teknologi informasi menunjukan perkembangan yang sangat pesat, terbukti dengan penggunaan komputer pada berbagai bidang, kalangan dan usia yang sudah banyak kita temukan sekarang ini. Saat ini sistem pelayanan reservasi tiket pada Umbara Trans masih berjalan secara manual atau masih belum menerapkan sistem komputerisasi yang bisa mengatur proses pelayanan reservasi tiket atau pemesanan tiket, pengaturan jadwal keberangkatan, pengaturan tempat duduk dan juga pembuatan laporan, sehingga masih terdapat kekurangan dalam melakukan pengolaan data pada setiap transaksi
Metode Pendekatan yang akan digunakan untuk analisis dan perancangan aplikasi adalah metode Object Oriented dengan memakai tool UML, metode pengembangan yang digunakan ilah model proses prototype, untuk merancang aplikasi digunakan alat bantu pemodelan Usecase digram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, Deployment Diagram, dan Component Diagram. Bahasa Pemograman untuk merancang perangkat lunak menggunakan bahasa pemograman Java dan PHP, serta pengolaan databasenya menggunakn MySQL. Software dan tool yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah XAMPP version 1.7.0, Macromedia Dreamweaver 8 dan Eclipse Java EE IDE
Sistem Informasi Pelayanan Reservasi Tiket Berbasis Mobile Android dapat disimpulkan sebagai sarana untuk menjawab atau mengatasi beberapa kendala/permasalahan yang ada pada sistem pelayanan reservasi tiket yang berjalan saat ini di Umbara Trans diantaranya sistem informasi pelayanan reservasi tiket pada Umbara Trans berbasis Mobile Android yang berjalan secara online dapat menangani banyak atau lebih dari satu pemesanan setiap waktunya serta bagi pihak umbara trans agar dapat mengurangi kesalahan-kesalahan saat melakukan penginputan data, sistem ini juga dilengkapi dengan penyimpanan data (database), yang diharapkan dapat meningkatkan keaman dalam penyimpanan data dan kemudahan saat melakukan pengolaan data, serta dapat memproses pemesanan tiket, penjadwalan tiket, pemilihan tempat duduk, dan pembuatan laporan yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamana baik bagi pihak Umbara Trans maupun bagi pihak konsumen/pemesan saat menjalankan sistem informasi pelayanan reservasi tiket.

References

Crosby. 2000. Manajemen Kualitas dan Kompetitif. Terjemahan Mohammad Musa. Jakarta: Fajar Agung.

Lucas, Henry J. 2000. Information Technology for Managemen, 7th ed, McGraw-Hill

Grosroos, C. 2001. Manajemen Pelayanan dan Pemasaran. Terjemahan Maskur. Jakarta: Rineka Cipta.

Jogiyanto Hartono M. 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Ariesto Hadi Sutopo. 2002. Analisis dan Desain Berorientasi Objek. J&J Learning. Yogyakarta.

Roger S. Pressman. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi. Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi

dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo.

Abdul Kadir. 2008. Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL, C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Martono Aris, Padeli, Fitria Dina Murad. (2009). Pengembangan Sistem Database Penempatan Tenaga Kerja Berbasis Web. Jurnal CCIT. Tangerang.

Anhar. 2010. PHP & MySQL Secara Otodidak. PT. TransMedia. Jakarta.

Kusstiyaningsih, Yeni., R.A. Devie. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Raharjo, Budi. 2011. Membuat Database Menggunakan MySQL. Informatika. Bandung

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
R. Dhaniawaty and A. K, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN RESERVASI TIKET PADA UMBARA TRANS BERBASIS MOBILE ANDROID”, JAMIKA, vol. 6, no. 1, Mar. 2018.