PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP KINERJA BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS)

  • Lasti Yossi Hastini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang
  • Eka Mariyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang
  • Mona Satria Mustika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang
Keywords: locus of control, kepribadian proaktif, kinerja belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan bukti empiris pengaruh locus of control dan kepribadian proaktif terhadap kinerja belajar mahasiswa secara parsial dan secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel.Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner, yang terkumpul sebanyak 115 responden. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Universitas Dharma Andalas khususnya Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis .Analisis data dengan menggunakan SPSS 21 memperlihatkan hasil bahwa locus of control dan kepribadian proaktif tidak berpengaruh kepada kinerja belajar mahasiswa baik secara parsial maupun bersama-sama.

References

Ardianto, Hendy., & Suparji. 2014. Pengaruh locus of control dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ilmu statika dan tegangan pada siswa SMKN 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan Vol 3 Nomer 1/JKPTB/14 (2014) : 50–58

Bateman, T. S., &Crant, J. M. 1993. The proactive component of organizational behavior: A measure and its correlates. Journal of Organizational Behavior, 14: 103–118

Chan, D. 2006. Interactive effects of situational judgement effectiveness and proactive personality on work perceptions and work outcomes. Journal of Applied Psychology, 91: 475–481

Cooper, P.D., & Schindler, P.S. 2011. Business Research Method 11ed. New York: McGrow-Hill.

Crant, J. M. 2000. Proactive behavior in organizations. Journal of Management, 26: 435-462.

Crant, J. M. 1995. The proactive personality scale and objective job performance among real estate agents. Journal of Applied Psychology, 80: 532–537.

Converse, P. D., Pathak, J., Haddock, A. M. D., Gotlib, T., &Merbedone, M. 2012. Controlling your environment and yourself: Implications for career success. Journal of Vocational Behavior, 80: 148–159.

Fuller, J. B., &Marler, L.E. 2009. Change driven by nature: A meta-analytic review of the proactive personality literature. Journal of Vocational Behavior, 75: 329–345

Hair et al. 2010. Multivariat Data Analysis, 7 th edition. New Jersey: Person Education, Inc.

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta

Kim, T. Y., Hon, A. H. Y., & Lee, D. R. 2010. Proactive personality and employee creativity: The effects of job creativity requirement and supervisor support for creativity. Creativity Research Journal, 22: 37–45.

Kim, T. Y., Hon, A. H. Y., &Crant, M. J. 2009. Proactive personality, employee creativity, and newcomer outcomes: A longitudinal study. Journal of Business and Psychology, 24: 93-103.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke Tujuh PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Nilawati, Levi dan Bimo, I. Dwinanto, 2010, Pengaruh Motivasi pada Kinerja Belajar, Integritas, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 3 No 3, Desember 2010 Maret 2011 (287-303)

Oktavinda, Frida, 2014. Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Kinerja Belajar pada Mahasiswa Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol 2, No 2

Robinson,John P, Shaver,Philip R, Wrightsman, Lawrence S, 1991, Measures of Personality and Social Psychological Attitudes,Academic Press, Inc: San Diego, California

Sapariyah, Rini Ani. 2011. Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy and Locus of Control terhadap Kinerja Karyawan dalam Perspektif Balance Scorecard pada Perum Pegadaian Boyolali, e-journal STIE-AUB, Vol 1 No 7, 2011

Seibert, S. E., Kraimer, M. L., & Crant, J. M. 2001. What do proactive people do? A longitudinal model linking proactive personality and career success. Personnel Psychology, 54: 845–874.

Seibert, S. E., Crant, J. M., &Kraimer, M. L.1999. Proactive personality and career access. Journal of Applied Psychology, 84: 416–427

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Widyaninggar, Anggi Ajeng, 2014. Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif 4(2): 89-99, 2014 ISSN: 2088-351X

Published
2017-04-30
How to Cite
[1]
L. Hastini, E. Mariyanti, and M. Mustika, “PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP KINERJA BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS)”, JAMIKA, vol. 7, no. 1, Apr. 2017.