AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STIMULASI BAYI MENGGUNAKAN METODE MARKER BERBASIS ANDROID

  • Selvia Lorena Br Ginting Universitas Komputer Indonesia
  • Yogie Rinaldy Ginting Universitas Riau/Ph.D Student at Curtin University
  • Widantyo Aditama Universitas Riau/Ph.D Student at Curtin University
Keywords: augmented reality, stimulasi bayi, marker, objek 3D

Abstract

Memperhatikan tumbuh kembang anak di masa pertumbuhan adalah salah satu yang dinanti semua orang tua. Pada masa ini anak akan sangat dekat dengan orang tuanya dan orang tuapun tidak ingin menghilangkan kesempatan ini tentunya. Tumbuh kembang anak sangat penting dan keberhasilan pada fase tumbuh kembang anak sangat bergantung pada peran orang tua. Tidak diragukan bahwa setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya tumbuh dengan optimal. Untuk itu orang tua harus siap memberikan pembelajaran dan pengayaan kepada anak dikarenakan masa tumbuh kembang ini adalah masa yang sangat peka bagi otak anak untuk menerima berbagai rangsangan pertumbuhan dan perkembangan. Agar anak tumbuh dengan optimal, para orang tua sebaiknya memberikan stimulasi pada anak sejak usia dini. Kurangnya stimulasi pada anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. Salah satu penyebab kurangnya stimulasi pada anak adalah ketidaktahuan orang tua mengenai stimulus yang harus diberikan. Stimulus atau rangsangan pada bayi idealnya diberikan secara rutin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Untuk membantu orang yang masih minim pengetahuan tentang stimulasi, dibangunlah aplikasi yang berisi informasi mengenai stimulasi bayi. Pada penelitian ini akan dibangun aplikasi Augmented Reality yang berjalan pada platform mobile Android, di mana kamera akan bekerja sebagai sumber input dengan cara membaca dan melacak marker (penanda) dengan sistem tracking, selanjutnya aplikasi akan menampilkan 3D objek bayi, lebih jauh pengguna dapat memilih informasi stimulasi yang diinginkan berdasarkan usia bayi. Dengan adanya bantuan animasi 3D, pengguna dapat lebih memahami informasi stimulasi yang ditampilkan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa sebesar 79 % pengguna dapat memahami informasi stimulasi yang diberikan.

References

Miftasari. (2015). Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Pada Anak Balita Di susun Karang Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Hulopi, H. (2014). Penerjemah Teks Bahasa Gorontalo Ke Teks Bahasa Indoensia. Universitas Negeri Gorontalo.

Azuma, R. T (1997). A Survey of Augmented Reality. In Presence: Teleoperators and Virtual Enviroments.

Mahasta, A. W. (2016). Computer Vision. Pemanfaatan Computer Vision:AugmentedReality.

http://lecturer.ukdw.ac.id/~mahas/dossier/comvis_08.pdf.

Carmigniani, J., & Furt, B. (2016). Augmented Reality: An Overview. Augmented.

Ibanez, A. S., & Figueras, J. P. (March 19th 2013). Vuforia v1.5 SDK: Analysis and Evaluation of Capabilities.

Komputer, W. (2014). Mudah Membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D.

Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET.

Munzi, G. G. (2014). Penerapan Augmented Reality Pada Brosur Mobil Dengan Platform Android Di Toyota Auto 2000 Bandung,

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/696/jbptunikompp-gdl-gugyguztam-34776-9unikom_g-2.pdf.

Pakpahan, F. S. Aplikasi Wisata Sumut Memanfaatkan Fasilitas Google Map Pada Smartphone Berbasis Android.

http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/43703.

Ariyadi, M.,Pahlevi, T.R.Z & Irawan, S. Game Membangun Jaringan Komputer Berbasis Android Dengan Metode Prototyping. STMIK PalComTech Palembang.

Imbar, R. V. & Hartanto, B.S. Aplikasi Sistem Informasi Daya Manusia dengan Fitur DSS Menggunakan Metode Topsis pada PT. X.

http://jutisi.maranatha.edu/index.php/jui/article/download/84/82.

Dharwiyanti, S & Wahono R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer.

Patton, R. (2001). Software Testing. Indianapolis: Sams Publishing.

Romeo, S. T. (2003). Testing dan Implementasi Sistem. Surabaya.

Dainy, N. C. Pentingnya Stimulasi Dini Pada Perkembangan Verbal dan

Kognitif Anak

https://www.academia.edu10977381Stimulasi_dini_pada_perkembangan_verbal_dan_kognitif_anak.

Kania, N. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal.

http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/02/stimulasi_tumbuh_kembang_anak_optimal.pdf.

Syakir, A. A. Bahasa Pemrograman C# Berbasis Windows Application Menggunakan Editor SharpDevelop 4.4.

https://abidalfansyakir.files.wordpress.com/2015/12/jurnal-ilmiah.pdf

Ajipramuditya, A. T. Analisis Implementasi Perbandingan Performansi SDK Augmented Reality Vuforia dan IN2AR Pada Aplikasi Mobile Advertising. Institut Teknologi Telkom.

Utami, S. (2015). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Pra Sekolah. Jakarta: AIPHSS, 2015.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol. 2 No. 2 Hal: 127-133.

Risnita. (2012). Pengembangan Skala Model Likert.

http://id.portalgaruda.org/.

Chamidah, A. N. (2009). Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak.

Ginting, S.L.B., Hidayat, S.H. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pengenalan Gedung Baru UNIKOM. Majalah Ilmiah Unikom Vol.01 No.02. Hal: 283-295.

Ginting, S.L.B., Ginting, Y.R., Rozaldi, F.R. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality untuk Membangun Aplikasi Pemandu Kota Berbasis Mobile Android Memanfaatkan LBS yang Diintegrasikan dengan Google Maps dan GPS (Pusat Studi: Provinsi Jawa Barat). Jurnal Tekno Insentif Vol.10 No.2 Hal: 15-23.

Ginting, S.L.B., Riadi, G.P. (2015). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Aplikasi Promosi Produk Handphone dengan Sistem Operasi IoS. Prosiding Sesindo2015 ITS.

Published
2017-04-30
How to Cite
[1]
S. Br Ginting, Y. Ginting, and W. Aditama, “AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STIMULASI BAYI MENGGUNAKAN METODE MARKER BERBASIS ANDROID”, JAMIKA, vol. 7, no. 1, Apr. 2017.