IT/IS STRATEGY DAN E-STRATEGY: KAJIAN DALAM RUANG LINGKUP PERUSAHAAN

Rangga Sidik, Leonardi Paris Hasugian

Abstract


Perusahaan sebagai pelaku bisnis berevolusi menjadi perusahaan yang harus selalu melakukan perbaikan di berbagai bidang guna meningkatkan profit. Esensinya untuk mengembangkan perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitornya bahkan berkolaborasi dalam environment business. Dengan mengedepankan hal tersebut, tiap perusahaan dituntut memberi value di dalam proses bisnisnya, salah satunya dengan penerapan Information Technology. Dalam tiap level manajemen, dalam struktur organisasi di tiap bagian, IT menjadi kebutuhan primer akan efisiensi proses bisnis. Keberadaan IT di tengah-tengah bisnis perlu diterapkan dengan melakukan analisis dan perancangan IT. Untuk menerapkan hal tersebut diperlukannya IT Strategy sebagai landasan bisnis akan efektifitas. Secara sederhana komponen IT akan dijabarkan dan dieksekusi di dalam bisnis berdasar pada penentuan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi komputer dan informasi (eBisnis) yang disebut dengan eStrategy. IT Strategy dan eStrategy terkoneksi di dalam lingkup eBisnis. Keduanya saling terkait dan saling mendukung layanan yang terdapat dalam eBisnis. eStrategy mendukung objective goal perusahaan sedangkan IT Strategy mendukung proses bisnis perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.