PEMODELAN SISTEM PENJADWALAN PERKULIAHAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

Nizar Rabbi Radliya

Abstract


Penjadwalan perkuliahan merupakan kegiatan pembuatan jadwal kuliah pada perguruan tinggi. Jadwal kuliah tersebut akan dijadikan sebagai acuan kegiatan belajar mengajar selama satu semester. Sistem penjadwalan yang cepat dan tepat menjadi kebutuhan bagi setiap perguruan tinggi, karena keberlangsungan proses akademik (belajar dan mengajar) bergantung pada kesiapan jadwal kuliah. Penggunaan algoritma genetika pada pemodelan sistem penjadwalan perkuliahan merupakan upaya dalam mempercepat proses sistem penjadwalan perkuliahan. Proses yang cepat juga akan diikuti dengan proses yang tepat, dimana jadwal kuliah yang dihasilkan sesuai dengan aturan atau batasan penjadwalan yang sudah ditetapkan. Algoritma genetika merupakan proses pencarian terhadap solusi optimal menggunakan konsep genetika. Solusi optimal yang dimaksud pada penelitian ini adalah paket jadwal kuliah yang sudah siap untuk digunakan.
Prosedur penelitian ini diawali dengan studi literatur mengenai sistem penjadwalan perguruan tinggi dan algoritma genetika. Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi permasalah yang biasa muncul dalam kegiatan penjadwalan perkuliahan. Setelah itu melakukan pengumpulan data dan analisis data terkait dengan sistem penjadwalan perkuliahan dan algoritma genetika. Beikutnya adalah tahap perancangan model, dimana proses penjadwalan perkuliahan akan dikaitkan dengan proses pada algoritma genetika.
Hasil dari penelitian ini adalah model sistem penjadwalan perkuliahan menggunakan algoritma genetika. Penggunaan algoritma genetika pada sistem penjadwalan perkuliahan dapat mempercepat proses pembuatan jadwal kuliah, karena dilakukan secara otomatis dengan proses iterasi atau perulangan. Dimana pada setiap perulangan akan dilakukan pemeriksaan pelanggaran terhadap ketentuan aturan atau batasan yang sudah ditetapkan. Jadi selain prosesnya yang cepat juga menghasilkan data jadwal kuliah yang tepat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.