PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN KERUSAKAN JALAN BERBASIS GEOGRAFIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Rauf Fauzan, Arie Triadi

Abstract


Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan III merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang dimiliki oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan III mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Dinas di bidang teknis operasional pelayanan pengelolaan jalan mulai dari perbaikan, pengawasan hingga pemeliharaan jalan secara berkala dan berkesinambungan. Pelaksanaan kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan sumber daya manusia, waktu dan biaya yang tidak sedikit. Solusi yang paling tepat yaitu dengan meminta partisipasi dari masyarakat. Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk membangun sebuah sistem informasi geografis yang memberikan pelayanan mengenai aduan kerusakan jalan dari masyarakat kepada Balai Pengelolaan Jalan.
Pada penelitian ini, metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan berorientasi objek, sedangkan untuk metode pengembangan sistemnya menggunakan model Prototype. Untuk metode dan desain penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan studi literatur. Alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan untuk menggambarkan model sistem yaitu menggunakan model UML (Unified Modelling Language).
Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan suatu rancangan sistem informasi geografis pengaduan kerusakan jalan bagi Balai Pengelolaan Jalan yang dapat membantu dalam mendata laporan aduan yang masuk dan juga membantu masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memelihara jalan di daerahnya masing-masing. Perancangan sistem informasi ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan aplokasi dan kualitas dari pelayanan publik di bidang kebinamargaan di Indonesia khususnya di kota Bandung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.