ALAT BANTU PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) DALAM MENENTUKAN BENTUK SETARA DAN AKAR PENYELESAIAN PLSV

  • Bella Hardiyana Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: pembelajaran, multimedia, interaktif, PLSV, variabel

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya yang bertema “aplikasi multimedia interaktif Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dalam bentuk variabelâ€. Konten pada aplikasi sebelumnya belum lengkap, sehingga penulis memutuskan untuk melengkapi dengan beberapa vitur baru, yaitu PLSV dalam menentukan bentuk setara dan akar penyelesaian PLSV.
Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) biasanya diajarkan untuk siswa kelas 7 pada mata pelajaran matematika. Terdapat beberapa masalah dalam memahami PLSV dalam bentuk setara dan akar penyelesaian PLSV, yaitu sulitnya memahami sifat-sifat PLSV, sulitnya mengilustrasikan timbangan PLSV, sulitnya memahami penyelesaian PLSV dalam bentuk setara, sulitnya memahami grafik himpunan pada PLSV. Untuk itu penulis membuat aplikasi multimedia sebagai alat bantu pembelajaran PLSV yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari PLSV bentuk setara dan akar penyelesaian PLSV. Aplikasi tersebut dibuat menggunakan Software Adobe Flash Macromedia 8 dan hasilnya dapat langsung digunakan tanpa perlu adanya proses instalasi (bersifat portable).
Dengan adanya aplikasi multimedia interaktif tersebut dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi PLSV bentuk setara dan akar penyelesaian PLSV. Aplikasi ini juga menyediakan fitur latihan interaktif, sehingga dapat membantu siswa untuk latihan-latihan soal.

References

Hardiyana. Bella., “Aplikasi Multimedia Interaktif Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dalam Bentuk Variabelâ€, Jurnal JATI, 2016.

Barra. Marinus., “Memaksimalkan Kemampuan Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel Dengan Kombinasi Teknik Probing dan Scaffolding Pada Siswa Kelas Viia Smpn 20 Paluâ€, Jurnal UNTAD, 2012, Vol 15 No 1, p65-75.

Elpriliana.Wenny., "Profil Pengetahuan Konseptual Siswa Kelas VII Smp Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika", Jurnal e-Jurnal Mitra Sains, 2015, Vol 3 No 2, p51-60.

Maryam.Siti., “Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabelâ€, Jurnal JPPM, 2016, Vol 10 No 1, p132-141.

Saraswati.Sari, "Supporting Students Understanding of Linear Equations With One Variable Using Algebra Tiles", Journal on Mathematics Education, 2016, Vol 7 No 1, p19-30.

Tim Penulis, “Matematika Buku Guru, Kurikulum 2013, Edisi Revisi 2014â€, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014, p311-353.

Hardiyana.Bella, Nopandi.Yayang., “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Bahasa Javaâ€, Jurnal JATI, 2016, No 11 Vol 1.

Published
2016-10-01
How to Cite
[1]
B. Hardiyana, “ALAT BANTU PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) DALAM MENENTUKAN BENTUK SETARA DAN AKAR PENYELESAIAN PLSV”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, Oct. 2016.