RANCANG BANGUN GAME "YULON PELINDUNG SEMESTA"

  • Yusup Hamdani Teknik Informatika STT Wastukancana Purwakarta
  • Lise Sri Andar Muni Teknik Informatika STT Wastukancana Purwakarta

Abstract

Game "Yulon Pelindung Semesta" termasuk jenis game shooting yang dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan dibangun menggunakan Macromedia Flash 8. Misi game "Yulon Pelindung Semesta" yaitu menembak semua musuh sehingga mencapai level yang diinginkan. Game ini dilengkapi dengan bonus nyawa, kecepatan, senjata dan perisai yang akan muncul pada saat tertentu secara acak. Interaksi yang disediakan pada game ini yaitu menggunakan keyboard (tombol panah untuk mengatur gerakan pesawat dan tombol spasi untuk mengeluarkan tembakan). Satu tembakan mengenai pesawat musuh akan memperoleh poin 100. Jika poin sudah mencapai 2000 maka akan naik ke level berikutnya. Jika pesawat pemain tertembak atau terjadi tabrakan dengan pesawat musuh maka pesawat pemain akan mengeluarkan perisai. Setiap saat akan muncul bonus tambahan nyawa, bonus kecepatan, bonus perisai dan bonus senjata. Apabila sudah mencapai level 10, permainan berhasil. Game "Yulon Pelindung Semesta" akan memberikan informasi tentang alam semesta apabila pemain sudah berhasil menyelesaikan seluruh permainan. Sehingga sambil bermain user dapat mengetahui beberapa istilah yang ada di alam semesta. Game ini tidak dilengkapi dengan timer yang mengharuskan pemain mencapai tujuan dengan batas waktu tertentu.

References

Anggara. 2008. “Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flashâ€. Yogyakarta: Gava Medika.

Budiarjo. 1991. Komputer dan masyarakat. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Dillon, Teres. 2005. Adventur Games for Learning and Storytelling. UK, Futurelab Prototype Context aper. Adventur Author.

Heinich, et al. 1993. konsep pembelajaran bantuan computer. Jakarta: Pustekkom dan Pusat Informasi Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran

Sekolah Dasar. Bandung. UPI PRESS.

Sadiman, Arief S. dkk. 200. Media Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sutopo, Ariesto Hadi, Tahapan Pengembangan Multimedia, 2003.

Wahyudiono. 2011. Pengertian Pembelajaran Berbantuan Komputer. http://blog.um.ac.id/.Sutopo, A.H. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta : Graha Ilmu

Published
2016-10-01
How to Cite
[1]
Y. Hamdani and L. S. Muni, “RANCANG BANGUN GAME "YULON PELINDUNG SEMESTA"”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, Oct. 2016.