PENGUKURAN KINERJA PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN BALANCED SCORECARD (BSC)

  • Wina Witanti Program Studi Informatika, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Asep Id Hadiana Program Studi Informatika, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: umkm, ukuran, kinerja, bsc

Abstract

Pembangunan dan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Sebuah UMKM dinyatakan berhasil atau tidak dalam pengelolaannya, ditandai dengan dilakukannya pengukuran kinerja terhadap UMKM tersebut. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan dalam pengukuran kinerja UMKM yaitu dengan metode Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard (BSC) merupakan metode pengukuran yang menitikberatkan empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, proses internal bisnis dan pembelajaran dan pertumbuhan, sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Balanced Scorecard dapat dilakukan untuk mengukur kinerja UMKM.

References

G. Eason, B. Noble, and I.N. Sneddon, “On certain integrals of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,†Phil. Trans. Roy. Soc. London, vol. A247, pp. 529-551, April 1955. (references)

Witanti W.., Renaldi F, 2013. “Kerangka Kerja Aplikasi Teknologi Informasi sebagai Acuan dalam Pengembangan dan Implementasi Teknologi Informasi Berbasis Cloud

pada UMKM Cimahiâ€. Prosiding KONIK. ISSN ISSN 2338-2899 (Universitas Hasanudin, Makasar).

Kaplan, R. S. dan Norton, D. P, 1996. Using The Balanced Scorecard as a Strategic Management System, Harvard Business Review,Jan-Feb.

Mulyadi, 1999, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan, Edisi satu, Yogyakarta: Adiya Media

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporem Untuk Pelipatgandaan Keuangan Perusahaan, Salemba Empat.

David, Fred. R, (2006). Strategic Management, Manajemen Strategis, Salemba Empat, Jakarta.

Himawan, Ferdinandus A, (2005). Jurnal ESENSI, Volume 8 No. 1//2005.

Published
2016-10-01
How to Cite
[1]
W. Witanti and A. Hadiana, “PENGUKURAN KINERJA PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN BALANCED SCORECARD (BSC)”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, Oct. 2016.