SISTEM INFORMASI KEGIATAN PENYULUHAN AGAMA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG

  • Airlangga Dwi Testa Pasmika
  • Syahrul Mauluddin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: sistem informasi, penyuluhan agama, KUA

Abstract

Penyuluh Agama Islam merupakan pelaksana tugas dari kantor kementerian agama kabupaten/kota yang ditempatkan di setiap kantor urusan agama per kecamatan yang bertanggung jawab penuh melaksanakan program bimbingan dan penyuluhan berkaitan dengan keagamaan bagi majelis taklim dan ormas Islam yang berada diwilayah kerja penyuluh. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan penyuluhan adalah sulitnya melakukan penjadwalan penyuluhan sehingga sering berulangnya memberikan materi penyuluhan yang sama, konsultasi agama terbatas dengan cara tatap muka langsung, dan lamanya proses pembuatan laporan kegiatan penyuluhan.
Dalam penelitian ini kami menggunakan metode pendekatan berorientasi objek dan metode pengembangan sistem dengan model prototipe. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem informasi ini yaitu bahasa PHP dengan database mysql.
Dengan adanya sistem informasi kegiatan penyuluhan agama ini diharapkan dapat memudahkan pihak KUA khususnya petugas penyuluh agama islam dalam melakukan penjadwalan penyuluhan, pengelolaan materi penyuluhan, pembuatan laporan kegiatan penyuluhan dan kegiatan konsultasi dengan masyarakat / lembaga binaan.
Kata kunci: Sistem Informasi, penyuluhan agama, KUA

References

Hanif Al Fatta. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Al-bahra Bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Latief Arda. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. 1th ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Danang Komarudin. 2015. Laporan Tahunan Sasaran Kinerja Penyuluh Agama Ahli Muda Kementrian Agama, Kantor Kota Bandung di Wilayah Kerja Kecamatan Coblong, Bandung.

Roger S Pressman. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak, 7th ed. Yogyakarta : Andi.

Rosa A. S. Dan M. Shalahuddin . 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 3rd ed. Bandung: Informatika.

How to Cite
[1]
A. D. Pasmika and S. Mauluddin, “SISTEM INFORMASI KEGIATAN PENYULUHAN AGAMA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, 1.