SISTEM INFORMASI KEGIATAN PENYULUHAN AGAMA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG

Airlangga Dwi Testa Pasmika, Syahrul Mauluddin

Abstract


Penyuluh Agama Islam merupakan pelaksana tugas dari kantor kementerian agama kabupaten/kota yang ditempatkan di setiap kantor urusan agama per kecamatan yang bertanggung jawab penuh melaksanakan program bimbingan dan penyuluhan berkaitan dengan keagamaan bagi majelis taklim dan ormas Islam yang berada diwilayah kerja penyuluh. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan penyuluhan adalah sulitnya melakukan penjadwalan penyuluhan sehingga sering berulangnya memberikan materi penyuluhan yang sama, konsultasi agama terbatas dengan cara tatap muka langsung, dan lamanya proses pembuatan laporan kegiatan penyuluhan.
Dalam penelitian ini kami menggunakan metode pendekatan berorientasi objek dan metode pengembangan sistem dengan model prototipe. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem informasi ini yaitu bahasa PHP dengan database mysql.
Dengan adanya sistem informasi kegiatan penyuluhan agama ini diharapkan dapat memudahkan pihak KUA khususnya petugas penyuluh agama islam dalam melakukan penjadwalan penyuluhan, pengelolaan materi penyuluhan, pembuatan laporan kegiatan penyuluhan dan kegiatan konsultasi dengan masyarakat / lembaga binaan.
Kata kunci: Sistem Informasi, penyuluhan agama, KUA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.