ANALISIS MANAJEMEN RESIKO TEKNOLOGI INFORMASI DAN PEMETAAN MATURITY LEVEL PADA PT. XYZ MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1

Rani Puspita

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang saat ini, menuntut setiap perusahaan untuk selalu berkembang, dengan mengaplikasikan teknologi informasi terbaru pada perusahaannya. Disisi lain penerapan teknologi informasi perlu biaya investasi yang cukup mahal dan menimbulkan resiko terjadinya kegagalan yang cukup besar. Kondisi perusahaan seperti ini membutuhkan konsistensi dalam melakukan pengelolaan penerapan teknologi informasi. Oleh karena itu manajemen resiko sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bertujuan untuk mengetahui resiko apa saja yang akan terjadi apabila melakukan penerapan teknologi informasi. Framework COBIT 4.1 merupakan framework yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan karena framework ini memastikan bahwa teknologi informasi telah diselaraskan dengan proses bisnis, sumber daya teknologi informasi, mengidentifikasi resiko, melakukan penilaian terhadap resiko, menangani resiko dengan tepat, melakukan pemetaan maturity level dan menghasilkan rekomendasi untuk dapat mencapai target yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

 

Kata kunci  : Manajemen Resiko, Maturity Level, COBIT 4.1 Framework.


Full Text:

PDF

References


Heru Nugroho, “Analisis Manajemen Resiko Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1”, Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom (KNIP), Politeknik Telkom, 2012.

Arif Dwi Laksito, Kusrini, Emha Taufiq Luthfi., “Pengukuran Tingkat Model Kematangan Proses COBIT Menggunakan Aplikasi Berbasis Web”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.

Trivina Ayu Megawati, Hnim Maria Astuti, Anisah Herdiyanti., “Pengelolaan Risiko Aset Teknologi Informasi Pada Perusahaan Properti PT XYZ, Tanggerang Berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 4.1”, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2014.

IT Governance Institute ,”COBIT 4.1”, ISACA, USA, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.