Analisa Pola Pembelian Produk pada Toko Cimahi-Ruko dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori

  • Alvad Syahputra Auliadaya Universitas Komputer Indonesia
  • Muhammad Rizki Rizki Universitas Komputer Indonesia
  • Muhammad Axel Fairuz Azhary Universitas Komputer Indonesia
  • Julianto Ahmad Nugraha Universitas Komputer Indonesia
  • Indra Gunawan Rahmatullah Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana data pembelian barang dapat diolah menggunakan algoritma aprori agar didapatkan suatu pola keterkaitan antara dua atau tiga item barang yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode data mining teknik asosiasi dengan metode algoritma apriori. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menemukan pola keterkaitan antara barang yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Manfaat yang akan didapatkan adalah dengan mengetahui pola pembelian barang oleh konsumen, pengelola toko dapat menentukan penempatan barang yang memiliki kecenderungan untuk dibeli secara bersamaan dalam posisi yang berdekatan. Sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mendapatkan nilai tambah pada pendapatan. Selain itu dapat memberikan kenyamanan untuk konsumen dari efisiensi waktu yang dibutuhkan dalam mencari barang yang sesuai dengan kebutuhan.

References

A. Nursikuwagus and T. Hartono, "Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis

Penjualan Dengan Berbasis Web," Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro, dan Ilmu

Komputer, pp. 701-706, 2016.

H. Santoso, I. P. Hariyadi and Prayitno, "Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori," Semnasteknomedia Online, pp. 3-7, 2016.

H. D. Anggraeni, S. Ragil Saputra and S. M. Beta Norita, "Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjulan Obat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang)," Journal Of Informatics and Technology, vol. II, no. 2, pp. 1-2, 2013.

Informatikalogi, "Informatikalogi.com," 9 Juli 2017. [Online]. Available: https://informatikalogi.com/algoritma-apriori-association-rule/#1. [Accessed 3 Mei

.

D. Haryanto, Y. Oslan and D. Dwiyana, "Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor," Jurnal Buana Informatika, vol. II, no. 2, pp. 81-85, 2011.

D. Fitriani, "Implementasi Data Mining untuk Menentukan Kombinasi Media Promosi Barang Berdasarkan Perilaku Pembelian Pelanggan Menggunakan Algoritma Apriori," in ANNUAL RESEARCH SEMINAR , Palembang, 2016.

A. W. O. Gama, I. K. G. D. Putra and I. P. A. Bayupati, "Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja," Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 15, no. 2, 2016.

K. Tampubolon, H. Saragih and B. Reza, "Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan," Informasi Dan Teknologi Ilmiah (Inti), vol. 1, no. 1, 2013.

F. Marisa and D. Purnomo, "Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM," JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 1, 2016.

Finn Lee S, Juan Santana, Data Mining : Meramalkan Bisnis Perusahaan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

Published
2019-05-13
How to Cite
[1]
A. Auliadaya, M. Rizki, M. Azhary, J. Nugraha, and I. Rahmatullah, “Analisa Pola Pembelian Produk pada Toko Cimahi-Ruko dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori”, JAMIKA, vol. 9, no. 1, pp. 58-69, May 2019.