ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara

  • Fatah Yasin Al Irsyadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Desy Puspitassari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yogiek Indra Kurniawan Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Game edukasi, Game pembelajaran sholat, Sekolah Luar Biasa, Tuna Rungu Wicara

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara (YRTRW) Surakarta adalah sebuah sekolah dasar untuk pendidikan anak dengan keterbatasan berupa tuna rungu wicara. Berdasarkan observasi serta wawancara yang telah dilakukan, terdapat permasalahan di Sekolah tersebut, yaitu mengenai media pembelajaran maupun alat bantu yang masih sangat minim, terutama khusus untuk siswa tuna rungu wicara pada pembelajaran sholat. Pada saat ini, pembelajaran hanya 1 arah dari guru ke murid dengan bahasa isyarat serta alat bantu berupa buku dan papan tulis. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan sebuah aplikasi bernama ABAS (Ayo Belajar Sholat), yaitu aplikasi game pembelajaran untuk sholat khusus bagi anak-anak tuna rungu wicara. Aplikasi ini memberikan pengajaran mengenai tata cara sholat beserta dengan bacaan-bacaan doa dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab serta bahasa isyarat. Metode yang digunakan terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu analisis permasalahan, perancangan aplikasi, implementasi aplikasi, pemaparan, simulasi dan pengujian, serta maintenance dan follow up. Berdasarkan kuesioner yang diberikan, aplikasi ABAS dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajar gerakan dan bacaan sholat.

References

Ak, O., & Kutlu, B. (2017). Comparing 2D and 3D game-based learning environments in terms of learning gains and student perceptions. British Journal of Educational Technology, 48 No. 1, 129-144. doi:10.1111/bjet.12346

Al Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game edukasi pengenalan anggota tubuh dan pengenalan angka untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita berbasis kinect. Prosiding SNATIF, 13-20.

Al Irsyadi, F. Y., & Rohmah, A. N. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Edukasi Bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar di Rumah Pintar Salatiga. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 91-98.

Aprilia, K., & Al Irsyadi, F. Y. (2018). Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Nabi dan Kisahnya Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Bouzid, Y., Khenissi, M. A., Essalmi, F., & Jemni, M. (2016). Using Educational Games for Sign Language Learning - A SignWriting Learning Game: Case Study. Journal of Educational Technology & Society, 129-141.

Nida, F. L. K. (2013). Komunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 163-189.

Kurniawan, Y. I. (2017). Pelatihan Aplikasi Pengukuran Minat Kejuruan Siswa Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Jawa Tengah. Warta LPM, 19(2), 149-155.

Kurniawan, Y. I., & Dwiyatmika, W. (2017). Aplikasi Diagnosa Retardasi Mental Pada Anak.

Kurniawan, Y. I., Soviana, E., & Yuliana, I. (2018, June). Merging Pearson Correlation and TAN-ELR algorithm in recommender system. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1977, No. 1, p. 040028). AIP Publishing.

Published
2019-05-13
How to Cite
[1]
F. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara”, JAMIKA, vol. 9, no. 1, pp. 17-28, May 2019.