Sistem Informasi Reservasi Restoran

  • Mochamad Fajar Wicaksono Universitas Komputer Indonesia
  • Intan Kurniawati Hamsir Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Reservation, Restaurant reservation, Barcode, Raspberry pi, Android

Abstract

Pada  sistem reservasi sebelumnya yang bejudul “Perancangan Alat Reservasi Pada Restoran Berbasis Rasberry Pi dan Androidâ€, pelanggan dapat melakukan reservasi restoran secara online dengan menggunakan aplikasi android berbasis raspberry pi. Setelah pembayaran berhasil maka server akan mengirimkan sebuah Qr code ke aplikasi pelanggan. Qr code tersebut digunakan oleh pelanggan untuk di scan ketika datang ke restoran untuk memverifikasi data pelanggan dengan data pada database server. Di mana qr code  tersebut akan di scan pada qr code reader yang terdapat di setiap meja restoran. Berdasarkan sistem reservasi sebelumnya yang telah dijelaskan diatas maka dalam proses pengembangan sistem reservasi ini khususnya dalam proses verivikasi data pelanggan, kita tidak lagi menggunakan qr code yang discan dengan qr code reader. Dimana qr code reader ini terdapat di setiap meja restoran. Tentunya hal ini sangat boros biaya. Maka dari itu dalam sistem reservasi pengembangan ini, verifikasi data pelanggan akan menggunakan barcode yang akan di scan dengan barcode reader dimana barcode reader ini akan diletakan di pintu masuk restoran sehingga akan lebih mempermudah pelanggan ketika datang ke restoran dan tentunya dapat menghemat biaya. Selain itu juga pada sistem reservasi pengembangan ini ada sebuah fungsi tambahan pada aplikasi android dimana pelanggan tidak hanya dapat mereservasi meja saja tetapi pelanggan juga dapat ikut berjualan. Sehingga dengan demikian dapat mempermudah para pelanggan jika ingin membuka suatu usaha. Hasil pengujian terhadap masing-masing bagian sistem menunjukan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik. Tingkat keberhasilan sistem resevasi online ini adalah 98%.

 

Kata kunci : reservasi, server, verifikasi, Barcode, Raspberry pi

References

Ir. Sere Saghranie Daulay, M.Si. “Hubungan Barcode dengan Produk Industri Sebagai Standar Perdagangan Produk Masa Kiniâ€, KEMENPERIN.

Mochamad Fajar Wicaksono. 2017. “Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Homeâ€, Jurnal Komputika Jurusan Teknik. Komputer UNIKOM, Vol. 6 No. 1, p. 1-6.

https://www.zonareferensi.com/pengertian-sistem/

Upton, E. 2012. Raspberry Pi 3 Guide

Khairil. 2012. MODUL1 Pengantar PHP dan Web Server

http://mk.elektro.ub.ac.id/tutorial-install-ide-b4a/

Published
2019-05-13
How to Cite
[1]
M. Wicaksono and I. Hamsir, “Sistem Informasi Reservasi Restoran”, JAMIKA, vol. 9, no. 1, pp. 9-16, May 2019.