Pengembangan Aplikasi Perhitungan Energi Menggunakan Formula Harris Benedict Untuk Membantu Dalam Menentukan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

  • Myrna Dwi Rahmatya Prodi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia
  • Rauf Fauzan Prodi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia
  • Annisa Paramitha F
  • Nizar Rabbi Radliya Universitas Komputer Indonesia
  • Yusran Panca Putra
Keywords: pengembangan aplikasi, gizi ibu hamil, formula harris benedict

Abstract

Hasil survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2012 menyatakan bahwa status gizi ibu selama kehamilan sangatlah penting bagi perkembangan bayi di dalam rahim. Gizi merupakan zat-zat yang didapat dari makanan (karbohidrat, lemak, dan protein, oksidasi) yang dapat menghasilkan energi untuk kebutuhan tubuh dalam melakukan aktivitas. Jadi untuk mengetahui kebutuhan gizi seseorang harus dilakukan perhitungan energi yang dibutuhkan. Perhitungan kebutuhan energi dapat dilakukan dengan menggunakan formula Harris Benedict. Formula Harris Benedict digunakan untuk menghitung jumlah kalori (satuan energi) yang dibutuhkan seseorang setiap harinya. Dalam proses perhitungannya formula Harris Benedict membutuhkan nilai BMR (Basal Metabolic Rate). Energi dibutuhkan untuk beberapa fungsi vital tubuh seperti bernafas, denyut jantung, pengaturan suhu tubuh, pemeliharaan tonus otot, sekresi enzim, metabolisme makanan, sekresi hormon, dan transmisi elektrik pada otot. Khusus untuk ibu hamil nilai BMR ini akan ditambahkan dengan angka kecukupan gizi berdasarkan usia kehamilan (trimester kehamilan). Faktor lain yang mempengaruhi nilai kebutuhan energi adalah tingkat aktivitas fisik, usia, berat badan dan tinggi badan. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi berbasis android dan web untuk perhitungan energi menggunakan formula Harris Benedict. Hasil dari perhitungan energi dapat digunakan untuk membantu ibu hamil dalam menentukan kebutuhan gizi, sehingga dapat membantu ibu hamil dalam menjaga status gizi selama masa kehamilan.

References

BPS, BKKBN dan Kementrian Kesehatan. 2013. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta.

Vita K.M. 2014 Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Kamoning Dan Tambelangan, Kabupaten Sampang, Jawa Timur Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 17 p 193–202.

Almatsier S., dkk. 2011. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harris, J.A., Benedict. F.G. 1918. A Biometric Study of Basal Metabolism. Proceedings of the National Academy of Sciences, Volume 4, Nomor 12, Desember 1918.

Pamungkas, G. A., Isnanto, R. R., & Martono, K. T 2016 Pembuatan Aplikasi Panduan Gizi Seimbang Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Backward Chaining. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 4 p 369-379.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Simarmata, J. P., Siagian, A., & Siregar, M. A 2015 Gambaran Pola Makan Dan Status Gizi Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Buhit Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Tahun 2014 Jurnal Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi 1 p 1-6.

Rosa, A.S. & Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Terstruktur dan Berorientasi Objek Bandung: Informatika.

Published
2018-10-31
How to Cite
[1]
M. Rahmatya, R. Fauzan, A. F, N. Radliya, and Y. Putra, “Pengembangan Aplikasi Perhitungan Energi Menggunakan Formula Harris Benedict Untuk Membantu Dalam Menentukan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil”, JAMIKA, vol. 8, no. 2, Oct. 2018.