RANCANG BANGUN SISTEM REPOSITORY AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

Nizar Rabbi Radliya, Rangga Sidik

Abstract


Akreditasi program studi Manajemen Informatika diperlukan sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap standarisasi operasional program studi. Pengusulan akreditasi dilandaskan pada borang akreditasi yang telah disusun oleh BAN PT. Program studi Manajemen Informatika diwajibkan memenuhi setiap standar yang diterapkan dengan melengkapi setiap dokumen pendukung. Namun dalam penyusunan borang akreditasi, program studi sering kali mengalami kesulitan dalam memenuhi kelengkapan dokumen setiap standar mulai dari standar satu sampai dengan standar tujuh. Adanya kesemrawutan penyimpanan dokumen-dokumen pendukung borang menjadi salah satu hambatan yang muncul. Akibat dari pada pengelolaan dokumen yang kurang baik maka berdampak juga terhadap kefektifan penyusunan borang akreditasi. Dari masalah tersebut maka peneliti melakukan penelitian dalam merancang dan membangun sistem repository dokumen akreditasi program studi Manajemen Informatika. Dengan menggunakan metode pendekatan objek dan penggunaan alat analisis UML (Unified Modelling Language) di harapkan dapat menggambarkan kebutuhan sistem secara pasti dan dalam pembangunannya menggunakan model pengembangan sistem waterfall. Hasil akhir yang diharapkan adalah menciptakan sebuah sistem repositori dokumen akreditasi program studi Manajemen Informatika untuk memenuhi pengelolaan dokumen yang berkaitan dengan akreditasi BAN PT.


Full Text:

PDF

References


H. Suroyo and Z. Amin, “Aplikasi Sistem Manajemen Dokumen Elektronik Berorientasi Standar Borang BAN PT,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inform. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 57–67, 2017.

A. Mulyanto, Sistem Informasi. Pustaka Pelajar, 2009.

A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,” Am. Enterp. Inst. Public Policy Res., 2014.

B. PT, “BUKU I naskah akademik akreditasi program studi diploma,” 2009. [Online]. Available: https://banpt.or.id/instrumen/DIPLOMA.rar. [Accessed: 22-Jan-2018].

F. Harliansyah, “Institutional repository sebagai sarana komunikasi ilmiah yang sustainable dan reliable,” Pustakaloka, vol. 8, no. 1, 2016.

R. Vrana, “Digital Repositories and The Future of Preservation and Use of Scientific Knowledge,” IORME, vol. 44, no. 1, pp. 55–62, 2017.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2012.

M. Nazir, Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.