Association Analysis with Apriori Algorithm for Electronic Sales Decision Support System

  • R. Fenny Syafariani Mathematics Department, Faculty of Ocean Technology Engineering and Informatics, Universiti Malaysia Terengganu, Malaysia
Keywords: Technology, Information System, Apriori, Algorithm, Decision Support System, Electronic sales

Abstract

The purpose of this study was to determine the level of
dependence of various items in order to dig up
information on what items are dependent on other
items. The method used in this research is descriptive
analysis with a qualitative approach through a priori
algorithm. The results show that the association
analysis of the 26 transactions taken is 76.47%. A
consumer who buys a laptop electronic device has the
possibility to also buy an electronic mouse

References

Ordila, R., Wahyuni, R., Irawan, Y., & Sari, M. Y. (2020). Penerapan Data Mining
Untuk Pengelompokan Data Rekam Medis Pasien Berdasarkan Jenis Penyakit
Dengan Algoritma Clustering (Studi Kasus: Poli Klinik Pt. Inecda). Jurnal Ilmu
Komputer, 9(2), 148-153.
Riszky, A. R., & Sadikin, M. (2019). Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori
untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan. Jurnal Teknologi dan Sistem
Komputer, 7(3), 103-108.
Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan
Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal on
Computer and Information Technology), 2(2).
Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan
Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. PIKSEL:
Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 9-20.
Triyansyah, D., & Fitrianah, D. (2018). Analisis Data Mining Menggunakan Algoritma
K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing. InComTech: Jurnal
Telekomunikasi dan Komputer, 8(3), 163-182.
Nabila, Z., Isnain, A. R., Permata, P., & Abidin, Z. (2021). Analisis Data Mining Untuk
Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma KMeans. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 100-108.
Riszky, A. R., & Sadikin, M. (2019). Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori
untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan. Jurnal Teknologi dan Sistem
Komputer, 7(3), 103-108.
Sianturi, F. A. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat
Pesanan. Jurnal Mantik Penusa, 2(1).
Lestari, N. (2017). Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi
Penjualan. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan
Pendidikan Informatika, 3(2), 103-114.
Tana, M. P., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2018). Penerapan Metode Data Mining Market
Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase
Menggunakan Algoritma Apriori. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka
Pasuruan, 3(2).
Syahril, M., Erwansyah, K., & Yetri, M. (2020). Penerapan Data Mining untuk
menentukan pola penjualan peralatan sekolah pada brand wigglo dengan menggunakan algoritma apriori. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem
Komputer TGD, 3(1), 118-136.
Simbolon, P. H. (2019). Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang
Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Srikandi Cash Credit
Elektronic dan Furniture). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(4), 401-406.
Fajrin, A. A., & Maulana, A. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola
Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi
Penjualan Spare Part Motor. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), 5(01), 1-10
Published
2022-04-01
How to Cite
[1]
R. F. Syafariani, “Association Analysis with Apriori Algorithm for Electronic Sales Decision Support System”, INJIISCOM, vol. 3, no. 1, pp. 61-72, Apr. 2022.