EVALUASI PASCA COVID-19 GUNA MENGHINDARI PANIC BUYING

Penulis

  • Muhammad Aditya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dandi Ramdani
  • William Dariasa Tampubolon
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi

DOI:

https://doi.org/10.34010/iqe.v11i1.9509

Abstrak

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pandemi Covid-19 pada perilaku konsumen, khususnya dalam konteks panic buying. Panic buying atau pembelian berlebihan yang tidak perlu sering terjadi saat adanya situasi yang tidak pasti atau mengkhawatirkan, seperti pandemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode literature review dari beberapa artikel yang telah di publikasi. Pandemi Covid-19 berdampak signifikan pada perilaku konsumen, di mana banyak konsumen melakukan panic buying sebagai respons terhadap ketidakpastian masa depan. Kami merekomendasikan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan pelaku bisnis untuk menghindari terjadinya panic buying di masa depan, seperti meningkatkan ketersediaan stok barang, memberikan edukasi kepada konsumen tentang manajemen risiko dan mengurangi ketidakpastian melalui informasi yang transparan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada upaya mitigasi dampak pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi dan konsumen.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-07