PERANCANGAN MODEL SIMULASI DAN PERBAIKAN SISTEM: STUDI KASUS PELAYANAN PERBANKAN
DOI:
https://doi.org/10.34010/iqe.v10i1.5315Abstrak
Penelitian ini membahas penerapan model simulasi sistem antrian yang digunakan dalam perbaikan sistem di perbankan. Metode simulasi digunakan untuk memodelkan keadaan sistem saat ini dengan software Arena, dengan mempelajari sistem nyata dan mengeliminasi kendala dengan menggunakan skenario perbaikan yang telah ditetapkan. Sistem nyata tersebut dipelajari dengan cara membuat analisis input, output, control dan mechanism dan selanjutnya membuat Activity Cycle Diagram, Event Graph dan flowchart algoritma simulasi. Data yang dikumpulkan berupa waktu kedatangan dan waktu pelayanan pelanggan pada server teller, customer service dan mesin ATM yang merupakan bagian dari sistem nyata perbankan. Perbaikan sistem dilakukan dengan menetapkan dua skenario yaitu pengurangan server CS dan Penambahan server ATM. Berdasarkan hasil analisis keluaran didapatkan bahwa simulasi model aktual merupakan simulasi yang terpilih. Hal ini dikarenakan model aktual sudah menjadi sistem yang terbaik untuk sistem perbankan tersebut.
Kata Kunci: Antrian, model simulasi, sistem perbankan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish this journal agree to the following terms:
The author holds the copyright and grants the right of the first publication journal to enable INAQUE to share the work with acknowledgment of the author's work and early publications in this journal.
Authors may include separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version (for example, submit to an institutional repository or publish in a book), with the acknowledgment of its initial publication in this journal
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the delivery process, as it may lead to productive exchanges, as well as quotations of previously published and longer works