ANALISIS BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN X

Penulis

  • Ivan Albertus Andika Universitas Katolik Musi Charitas
  • Ivan Christian Chandra Universitas Katolik Musi Charitas
  • Stefanus Mario Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.34010/iqe.v9i2.4319

Abstrak

PT X ini begerak di penjualan alat alat elektonik dalam peningkatan produktifitas manusia seperti komputer laptop dan lain – lain yang berlokasi di Kota Palembang. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dengan menggunakan balanced scorecard. Sumber data digunakan berupa data wawancara pimpinan perusahaan yaitu dengan dokumen perhitungan dari pimpinan perusahaan yang relevan dengan tujuan penelitian yang ada, berupa struktur organisasi perusahaan, laporan keuangan, catatan dan kuisioner yang dijadikan dasar perhitungan balanced scorecard. Indikator yang digunakan dalam balance score card ini seperti perspektif finansial, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil perhitungan balanced scorecard(BSC) diketahui bahwa kinerja Perusahaan X masih dikatakan kurang baik. Kinerja masih perlu diperbaiki lagi agar perusahaan mampu mencapai kinerja sangat baik. Sebaiknya perusahaan menerapkan balanced scorecard(BSC) untuk dapat membantu perusahaan dalam mengukur kinerjanya tidak hanya dari aspek keuangannya saja tetapi juga mempertimbangkan kinerja dari aspek nonkeuangan. Sehingga perusahaan dapat merumuskan strategi yang tepat sebelum melakukan tindakan jangka panjang.

Katakunci : perspektif finansial, pelanggan, bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran,

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-28

Terbitan

Bagian

Articles