PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM

Penulis

  • Ervina Novita UNIKA Musi Charitas Palembang
  • Edward Marxoni UNIKA Musi Charitas Palembang
  • Welly Welly UNIKA Musi Charitas Palembang

DOI:

https://doi.org/10.34010/iqe.v9i1.4307

Abstrak

Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja dengan menggunakan Metode Performance Prism. Pemilihan metode Performance Prism ini dipilih karena metode ini dapat menampilkan berbagai sisi yang mendukung kemajuan perusahaan. Pengukuran ini dilakukan untuk meningkatkan strategi bisnis dan melakukan perbaikan pada stakeholder yang ada. Adapun stakeholder pada penelitian ini adalah stakeholder konsumen, supplier dan tenaga kerja. Setelah mengetahui stakeholder yang terlibat, tentukan KPI yang menjadi indikator performansi untuk setiap stakeholder. Lakukan pembobotan dengan metode AHP yang dibantu dengan software expert choice.  Prioritaskan KPI yang memiliki bobot tertinggi dan gunakan scoring dengan metode OMAX dan Traffic Light System. KPI yang masuk dalam zona merah adalah KPI yang perlu untuk dilakukan perbaikan dengan segera. KPI yang masuk dalam zona kuning dinilai dalam kategori cukup dan KPI yang masuk dalam zona hijau adalah KPI yang telah tergolong baik.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-24

Terbitan

Bagian

Articles