PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM
DOI:
https://doi.org/10.34010/iqe.v9i1.4307Abstrak
Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja dengan menggunakan Metode Performance Prism. Pemilihan metode Performance Prism ini dipilih karena metode ini dapat menampilkan berbagai sisi yang mendukung kemajuan perusahaan. Pengukuran ini dilakukan untuk meningkatkan strategi bisnis dan melakukan perbaikan pada stakeholder yang ada. Adapun stakeholder pada penelitian ini adalah stakeholder konsumen, supplier dan tenaga kerja. Setelah mengetahui stakeholder yang terlibat, tentukan KPI yang menjadi indikator performansi untuk setiap stakeholder. Lakukan pembobotan dengan metode AHP yang dibantu dengan software expert choice. Prioritaskan KPI yang memiliki bobot tertinggi dan gunakan scoring dengan metode OMAX dan Traffic Light System. KPI yang masuk dalam zona merah adalah KPI yang perlu untuk dilakukan perbaikan dengan segera. KPI yang masuk dalam zona kuning dinilai dalam kategori cukup dan KPI yang masuk dalam zona hijau adalah KPI yang telah tergolong baik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish this journal agree to the following terms:
The author holds the copyright and grants the right of the first publication journal to enable INAQUE to share the work with acknowledgment of the author's work and early publications in this journal.
Authors may include separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version (for example, submit to an institutional repository or publish in a book), with the acknowledgment of its initial publication in this journal
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the delivery process, as it may lead to productive exchanges, as well as quotations of previously published and longer works