APLIKASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PRODUK KERAMIK HANDMADE NARUNA

Penulis

  • Regina Claudia Alvira Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34010/iqe.v10i1.6323

Abstrak

Produk keramik yang dibahas dalam makalah ini adalah peralatan makan keramik yang diolah dengan tangan dengan keunggulan kompetitif menggunakan teknik glazing di Naruna Ceramic Studio (NCS), Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia. Teknik ini merupakan metode pewarnaan setelah pembakaran pertama tungku keramik yang dapat memberikan ciri khas pada produk memberikan kesan warna yang menarik dan elegan yang dapat meningkatkan omset penjualan dan daya saing NCS dibandingkan dengan yang sejenis. Pandemi COVID-19 yang terus ada di Indonesia memaksa jumlah customer sales tidak bisa berinteraksi langsung dengan NCS, sehingga perlu dilakukan perubahan strategi pemasaran baru yang dilakukan NCS untuk meningkatkan omzet. Metode pemasaran digital dalam makalah ini diterapkan oleh penulis dan NCS untuk memasarkan produk peralatan makan keramik buatan tangan dengan proses finishing menggunakan teknik glazing. Digital Marketing System yang diterapkan oleh NCS dan peneliti adalah membangun sebuah platform periklanan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan omzet penjual produk keramik ini. Iklan yang dipasang di Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan Website akan dilakukan berdasarkan landing page yang berakhir di marketplace (Shopee, Tokopedia) dan aplikasi WhatsApp yang dikelola oleh customer service NCS. Hasil akhir hingga Oktober 2020 menunjukkan peningkatan omzet sebesar 65% setelah implementasi DM ini dilaksanakan.

Diterbitkan

2022-02-16