Vol 6 No 1 (2025): Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE)
Articles

PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS MICROSOFT ACCESS DI RUMAH MAKAN HARUMAN CIBIUK

Alam Santosa
Universitas Komputer Indonesia
Julian Robecca
Universitas Komputer Indonesia
Raja Putra Permana
Universitas Komputer Indonesia
Vito Dimas Mulyadi
Universitas Komputer Indonesia

Diterbitkan 2025-03-05

Kata Kunci

  • Sistem Informasi,
  • Reservasi dan Penjualan,
  • Laporan Harian

Abstrak

Salah satu keluhan pelanggan Rumah Makan Haruman adalah faktur yang dibuat secara manual yang membutuhkan waktu pembuatan terlalu lama serta informasi yang dicantumkan sering tidak akurat. Dalam upaya menyelesaikan permasalahan itu diputuskan untuk membuat aplikasi tepat guna yang sesuai dengan karakteristik perusahaan yang ditinjau dari kelayakan teknis dan operasional. Aplikasi diprioritaskan menyelesaikan permasalahan di area Pemesanan dan Pembayaran dengan target meningkatkan kecepatan proses pemesanan, ketepatan pemenuhan pesanan, dan kecepatan proses transaksi pembayaran. Pengembangan aplikasi ini akan dilakukan menggunakan Metode Cerdas (Agile Method) dengan Teknik Prototyping. Hasil dari kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini berupa aplikasi berbasis Microsoft Access yang dapat digunakan dalam aktivitas transaksi reservasi dan penjualan dan disertai dengan Panduan Penggunaannya. Pengembangan aplikasi dilakukan pada kurun waktu 1 Agustus sampai dengan 30 September 2024, dan dioperasionalka mulai tanggal 1 November 2024. Aplikasi terbukti dapat meningkatkan kinerja kasir pada aktivitas reservasi, transaksi penjualan, dan pembuatan laporan harian.