Abstract

PD Mulya Jaya merupakan UMKM yang bergerak di bidang pembuatan cotton bud yang berlokasi di desa Cigentur Majalaya kabupaten Bandung. Perusahaan ini didirikan sebagai bentuk konkrit dalam menciptakan lapangan kerja yang memiliki daya saing nasional untuk meningkatkan perekonomian warga sekitarnya.


Masalah yang dialami oleh mitra adalah sistem laporan keuangan yang dilakukan masih dilakukan manual, bersatu dengan pengeluaran sehari hari dan tidak tercatat dengan rapih menyebabkan pengusaha kesulitan untuk menghitung pendapatan, pengeluaran, dan keuntungan. Berdasarkan masalah tersebut maka solusi yang dibuat oleh tim pengabdian adalah dengan membuat sistem laporan keuangan sederhana berbasis IT serta pelatihannya. Adapun target luaran dari pengabdian PKMS ini adalah (1) publikasi pada media cetak/elektronik, (2) video kegiatan pengabdian, dan (3) peningkatan ketrampilan pengusaha UMKM dalam mengelola keuangan perusahaan dan pengarsipan bukti keuangan.


Kegiatan berjalan selama 6 (enam) bulan, dimulai dengan (1) analisis situasi keuangan perusahaan, (2) pembuatan software laporan keuangan sederhana, (3) pelatihan pemakaian software dan pengarsipan bukti keuangan, dan (4) evaluasi.


Pengabdian ini memberikan hasil yang dirasakan oleh mitra berupa laporan keuangan menjadi lebih tertata, mitra berpendapat bahwa software ini sangat berguna untuk sistem keuangan di PD. Mulya Jaya.


Kata kunci: laporan keuangan sederhana berbasis IT, pengarsipan bukti keuangan