Vol. 2 No. 1 (2021): Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE)
Articles

Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Mustikajaya VII Bekasi

Mochamad Fajar Wicaksono
Universitas Komputer Indonesia
Hidayat Hidayat
Universitas Komputer Indonesia
Sri Nurhayati
Universitas Komputer Indonesia
Riani Lubis
Universitas Komputer Indonesia
Myrna Dwi Rahmatya
Universitas Komputer Indonesia

Published 2021-03-31

Keywords

  • Pembelajaran daring, Google Classroom, Google Calendar, Google Form

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para guru di SDN Mustika Jaya VII terkait pembelajaran daring. Pembelajaran online ini harus dilakukan mengingat kebijakan pembatasan sosial berskala  besar akbiat adanya pandemi   COVID-19.  Metode yang dilakukan pada pengabdian ini berupa workshop online yang dilakukan melalui aplikasi zoom. Pada kegiatan ini dipaparkan materi terkait Google Classroom, Google Calendar dan Google Form. Dalam kegiatan ini diberikan beberapa tugas untuk mengetahui peningkatan kemampuan berupa  pre-test, tugas terkait setiap materi dan post-test. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru terkait penggunaan teknologi informasi khususnya Google Classroom, Google Calendar dan Google Form untuk pembelajaran secara daring.