STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM KELOMPOK WANITA TANI (KWT) TANGERANG
Published 2025-03-05
Keywords
- Digital,
- e-commerce,
- pemasaran,
- UMKM
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia, termasuk UMKM yang dijalankan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Tangerang. Namun, KWT Tangerang menghadapi kendala berupa kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan platform digital, seperti media sosial dan marketplace. Strategi pemasaran yang dijadikan solusi yaitu pemasaran dengan memanfaatkan media digital berbasis e-commerce untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis UMKM khususnya Kelompok Wanita Tani (KWT) Tangerang. Dengan kemajuan informasi teknologi, e-commerce menjadi alat penting dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi bisnis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan solusi berupa pelatihan serta pendampingan dalam pembuatan akun media sosial (Instagram) dan marketplace (Shopee). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Pelatihan dan Pendampingan yang dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi dengan metode ceramah dan tanya jawab serta monitoring secara berkala. Hasil Pelatihan dan Pendampingan menunjukkan bahwa anggota UMKM KWT Tangerang dapat memahami dan memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Hal ini membantu dalam menjangkau konsumen yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan mendukung keinginan bisnis. Penelitian ini menekankan pentingnya edukasi teknologi sebagai kunci bagi UMKM untuk bersaing dan bertahan di era digital.