Desain Video Animasi 2 Dimensi Kisah Perjuangan Martha Khristina Tiahahu

Isi Artikel Utama

Muhammad Djafar Wittiri Maligana
Irma Rochmawati

Abstrak

Pahlawan adalah sebutan bagi siapa saja yang telah berjasa bagi bangsanya. Melalui sosok pahlawan, simbol tentang perjuangan, membela kebenaran, dan pengorbanan, senantiasa dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi. Pahlawan juga merupakan salah satu tokoh penting yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat yang berada disekitarnya, tidak hanya mengenang dalam hati dan berterima kasih, melainkan juga dengan meneladani sikap dan perbuatan para pahlawan. Namun, pahlawan yang memiliki banyak nilai yang bisa diteladani makin terlupakan oleh generasi muda. Pengenalan sejak dini sangat dibutuhkan agar anak-anak dapat mengenal dan mengetahui pahlawan kemerdekaan nasional agar menjadi generasi yang lebih baik khususnya remaja yang ada di Indonesia. Tujuan dari perancangan yaitu untuk mengenalkan sejarah dan tokoh pahlawan kemerdekaan nasional yang berasal dari Kepulauan Maluku yaitu Martha Khristina Tiahahu. Media yang digunakan sebagai solusi dari permasalahan yaitu dengan menggunakan komunikasi informasi berbentuk interaktif, terlihat menyenangkan, diminati oleh masyarakat terutama remaja, serta dapat diakses dengan mudah agar informasi mengenai permasalahan ini dapat tersebar luar ke masyarakat umum, terutama para pelajar. Animasi adalah film yang merupakan hasil karya tangan berupa gambar yang bergerak. 

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Desain Video Animasi 2 Dimensi Kisah Perjuangan Martha Khristina Tiahahu. (2022). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(2), 257-272. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i2.8319

Referensi

Julinar, S. & Triana, W. (1995). Enksiklopedia Pahlawan Nasional [online]. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan. Tersedia FTP: http://pustaka.kebudayaan.kemdikbud.go.id/index.php?p=showdetail&id=3247&keywords=ensiklopedi+pahlawan
M.M. Pracihara, M.M. (Juni 2016). Warna Sebagai Look dan Mood Pada Videography Film Televisi “Pancer”, INVENSI, vol. 1, no. 1, pp. 26-36.
Phetorant, D. (Januari 2020). Peran Musik dalam Film Score, JOMSTI, vol. 3, no. 1, pp. 91–102.
Putra, A.S. (2014). Keefektifan Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Musik Mancanegara Di SMPN 1 Prambanan Sleman [online]. Univeristas Negeri Yogyakarta. Tersedia PDF: https://core.ac.uk/download/pdf/33514887.pdf
Putri, A.F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID, vol. 3, no. 2, pp. 35-40, 2018.
Rochmawati, I., & Albar, D. (2022). Implementasi User Interface Pada Multimedia Interaktif Cerita Rakyat Dari Kalimantan Barat. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 51-69. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.6703
Said, J., Wulandari, T. (1995). Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, PT Kabelindo Murni Tbk.
Setianto, Y. (2019). Pendidikan karakter melalui keteladanan pahlawan nasional. Publikasi Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 177-186.
Utomo, T.P., Muttaqin, A & Aswin, M. (2020). Penilaian Komposisi Rule Of Thirds Pada Fotografi Menggunakan Bantuan Pengolahan Citra Digital [online]. Tersedia PDF: https://media.neliti. com/media/publications/120135-ID-penilaiankomposi s i -rule-of-thirds-pada.pdf
Wibowo, H.Y., Rante, H & Subhan, A. (2011). Implementasi Teknik Sound Effect Dan Voice Over Dalam Pembuatan Video Dokumenter Perlindungan Anak Di Kawasan Dolly [online]. Politeknik Eletronika Negeri Surabaya. Tersedia PDF: http://repo.pens.ac.id/970/1/paper_yoni_yang_bener.pdf
_____. (2015). Pahlawan Rakyat Sedunia 2. Bandung: Yayasan Pustaka Obor Indonesia: Tim Nuansa Cendekia.