Video Motion Graphic Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring

Isi Artikel Utama

Fadoria Manurung
Deni Albar

Abstrak

Artikel ini menyoroti bagaimana peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring kepada siswa tingkat sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran jarak jauh banyak ditemukan kendala terutama bagi orang tua, karena siswa kelas dasar yang masih membutuhkan perhatihan khusus. Objek perancangan tugas akhir ini yaitu orang tua dari anak tingkat Sekolah Dasar (SD). Solusi dari permasalah ini yaitu mengajak dan mengubah pola pikir orang tua dengan menginformasikan peran pendampingan pembelajaran daring untuk siswa sekolah dasar. Tujuan perancangan mempersuasikan dan memberi sosialisasi mengenai peran orang tua dalam pendampingan, memahami gaya belajar dan strategi pendampingan saat belajar daring, sehingga orang tua turut berpartisipasi dalam pendampingan belajar anak. Diharapkan perancanagn ini memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama orang tua menyadari pentingnya pendampingan pembelajaran daring anak selama di rumah.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Video Motion Graphic Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring. (2022). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(2), 143-159. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i2.8138

Referensi

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 10. No. 1.

Mutaqinah, R & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal PETIK, vol.6(2). Hal.90-91

KEMDIKBUD. (2020). Kemendikbud Rilis Hasil Survei Evaluasi Belajar dari Rumah. Sumber: https://www.kemdikbud.go.id, diakses 10 Maret 2022.

KEMDIKBUD. (2020).” Kemendikbud Hadirkan Program Tayangan "Belajar dari Rumah di TVRI”. Sumber: https://www.kemdikbud.go.id, diakses 10 Maret 2022.

Rustan, S. (2019).” FLAT DESIGN: Apa Itu Flat Design?”. Sumber: https://www.suriantorustan, diakses 10 Maret 2022.

Rustan, S. (2009). LAYOUT dasar dan penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohidi, T. R. (1984). Lintasan Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru. Semarang: IKIP Semarang Press.

Shiddiq H, R., & Albar, D. (2021). Desain Ilustrasi Tokoh Suryaputra Karna Mahabharata. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 1(2), 214-225. https://doi.org/10.34010/divagatra.v1i2.5709

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.