Video Motion Graphic Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini menyoroti bagaimana peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring kepada siswa tingkat sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran jarak jauh banyak ditemukan kendala terutama bagi orang tua, karena siswa kelas dasar yang masih membutuhkan perhatihan khusus. Objek perancangan tugas akhir ini yaitu orang tua dari anak tingkat Sekolah Dasar (SD). Solusi dari permasalah ini yaitu mengajak dan mengubah pola pikir orang tua dengan menginformasikan peran pendampingan pembelajaran daring untuk siswa sekolah dasar. Tujuan perancangan mempersuasikan dan memberi sosialisasi mengenai peran orang tua dalam pendampingan, memahami gaya belajar dan strategi pendampingan saat belajar daring, sehingga orang tua turut berpartisipasi dalam pendampingan belajar anak. Diharapkan perancanagn ini memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama orang tua menyadari pentingnya pendampingan pembelajaran daring anak selama di rumah.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal DIVAGATRA setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, memposting artikel ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya tulisan mereka secara daring (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).
Cara Mengutip
Referensi
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 10. No. 1.
Mutaqinah, R & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal PETIK, vol.6(2). Hal.90-91
KEMDIKBUD. (2020). Kemendikbud Rilis Hasil Survei Evaluasi Belajar dari Rumah. Sumber: https://www.kemdikbud.go.id, diakses 10 Maret 2022.
KEMDIKBUD. (2020).” Kemendikbud Hadirkan Program Tayangan "Belajar dari Rumah di TVRI”. Sumber: https://www.kemdikbud.go.id, diakses 10 Maret 2022.
Rustan, S. (2019).” FLAT DESIGN: Apa Itu Flat Design?”. Sumber: https://www.suriantorustan, diakses 10 Maret 2022.
Rustan, S. (2009). LAYOUT dasar dan penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rohidi, T. R. (1984). Lintasan Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru. Semarang: IKIP Semarang Press.
Shiddiq H, R., & Albar, D. (2021). Desain Ilustrasi Tokoh Suryaputra Karna Mahabharata. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 1(2), 214-225. https://doi.org/10.34010/divagatra.v1i2.5709
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.