Desain Informasi Ikigai Sebagai Nilai Hidup Bangsa Jepang Melalui Media E-book
Isi Artikel Utama
Abstrak
Selain dikenal sebagai negara dengan penduduknya yang berdedikasi tinggi, Jepang juga diketahui memiliki harapan hidup yang tinggi karena memegang sebuah nilai hidup bernama ikigai. ikigai merupakan sebuah konsep dari pemikiran bangsa Jepang yang dapat menjelaskan mengenai kesenangan dan makna kehidupan melalui hal – hal kecil. Sebagian masyarakat perkotaan khususnya kota Bandung diketahui masih ada yang mengenal ikigai sebagai sebuah diagram hasil modifikasi barat yang bukan merupakan arti ikigai yang sebenarnya bagi bangsa Jepang karena bagi bangsa Jepang ikigai tidak harus selalu berhubungan dengan pekerjaan dan berpenghasilan, namun tidak sedikit juga yang tidak mengetahui ikigai sama sekali. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah perancangan untuk menginformasikan arti ikigai yang sebenarnya bagi bangsa Jepang. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk meluruskan kesalahpahaman terkait ikigai yang digambarkan sebagai sebuah diagram serta memberitahu arti ikigai yang sebenarnya bagi bangsa Jepang sebagai alternatif dan wawasan baru sehingga solusi perancangan tersebut yaitu membuat sebuah perancangan informasi melalui e-book. Dengan adanya e-book ini diharapkan mampu membuat khalayak dapat memperoleh informasi mengenai ikigai secara praktis dan mudah diakses dengan kesesuaian gaya hidup khalayak saat ini.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal DIVAGATRA setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, memposting artikel ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya tulisan mereka secara daring (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).
Cara Mengutip
Referensi
Garcia, H., & Miralles, F. (2016). IKIGAI Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang. Jakarta Selatan: Renebook.
Hurlock, E, B. (1980). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Iswidayati, S. (2015). Ukiyo-e: Seni Grafis Traditional Jepang. Imajinasi, 9(2), 89-95. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v9i2.8825.
Kemp, N. (2019). 001 – Ikigai According To Professor Akihiro Hasegawa. Dikutip dari https://ikigaitribe.com/ikigai/podcast01/ (Diakses: 8 Januari 2021)
Kemp, N. (2019). 005 – Marc Winn On Merging Ikigai With The Venn Diagram of Purpose. Dikutip dari https://ikigaitribe.com/ikigai/podcast05/ (Diakses: 8 Januari 2021)
Kristiyono, J. (2020). Komunikasi Grafis. Jakarta: Prenadamedia.
Mitsuhashi, Y. (2018). IKIGAI Giving Every day Meaning and Enjoy. New York: Kyle Books.
Mogi, K. (2017). THE BOOK OF IKIGAI Untuk Hidup Lebih Seimbang, Lebih Bahagia, dan Panjang Umur. Jakarta Selatan: Noura Books.
Persada, S. (2020). Visual Analysis of Cuphead Game. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 8(2), 61-74. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i2.2666
Rustan, S. (2009). Layout Dasar & Penerapannya: Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. (2010). Font & Tipografi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Shindo, Y. (2015). Mengenal Jepang. Jakarta: Kompas.
Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659-667. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410.