Perancangan Media Promosi Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo

Isi Artikel Utama

Fuzza Duwana Putra
Dewi Isma Aryani

Abstrak

Taman nasional merupakan sebuah kawasan yang diperuntukkan melestarikan alam dengan bentukan ekosistem asli menggunakan sistem zonasi. Selain memiliki fungsi untuk konservasi, taman nasional dapat dimanfaatkan untuk tujuan wisata. Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional yang ada di Indonesia. Nama Baluran berasal dari Gunung Baluran yang berada di wilayah Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran dianggap kurang populer para wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan Pulau Bali dan Lombok sehingga kalah bersaing. Taman Nasional Baluran sangat berpotensi sebagai tempat wisata karena memiliki padang savana yang sangat luas dengan aneka satwa liar, serta lokasinya juga berdekatan dengan pantai. Oleh karena itu, perancangan media promosi diperlukan dengan tujuan memperkenalkan dan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata ke Taman Nasional Baluran melalui media informasi yang tepat dan menarik. Metode penelitian dalam perancangan ini adalah kuantitatif disertai observasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini diperoleh berupa solusi perancangan berupa desain video promosi serta media pendukung berupa desain iklan website, web banner, billboard, dan media sosial. 

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Perancangan Media Promosi Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo. (2022). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(1), 108-119. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i1.6236