Desain Animasi Sejarah Kapel Santa Maria dari Betlehem (Gereja Karmel Lembang)

Isi Artikel Utama

Paskalis Daniel Tonalou
Deni Albar

Abstrak

Rumah Peribadatan yang dibangun pada masa penjajahan zaman dahulu sangatlah banyak di Bandung dan dari bangunan-bangunan itu memiliki sisi historis dan cerita dibaliknya. Banyak sejarah dari berdirinya sebuah rumah peribadatan yang tidak di publikasikan secara umum yang membuat banyak orang tidak mengetahuinya. Salah satunya adalah Kapel Santa Maria dari Betlehem atau disebut juga Gereja Karmel Lembang. Belum banyak orang terutama umat dari gereja ini yang mengetahui sejarah berdirinya gereja ini, walaupun sebelumnya sudah ada buku yang membahasnya. Hal ini disebabkan karena buku yang membahas tentang sejarah dari gereja ini bersifat eksklusif dan tidak semua orang memilikinya. Dengan umat mengetahui sejarah dari Gerejanya, diharapkan umat semakin cinta terhadap Gerejanya, dan timbul rasa memiliki, selain itu agar umat dapat mengetahui semangat apa yang dibawa oleh para perintis untuk membangun gereja dan biara. Sehingga dilakukan perancangan untuk memberitahukan sejarah dari Kapel St. Maria dari Betlehem (Gereja Karmel Lembang) dengan menyajikan visual yang unik yaitu Wayang Kulit agar umat tertarik mengetahuinya. Video Animasi adalah media utama pada perancangan ini, video animasi memuat gambar dan suara yang dipadu padankan untuk membuat media utama lebih menarik. Media utama dibagikan melalui platform Youtube sehingga diharapkan perancangan ini sampai kepada target khalayak dengan mudah.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Desain Animasi Sejarah Kapel Santa Maria dari Betlehem (Gereja Karmel Lembang). (2022). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(1), 62-77. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i1.6097

Referensi

Agustrijanto. (2006). Copywriting Seni Mengasah Kreatifitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Albar, D. (2011). STRUKTUR DAN PROSES KOMUNIKASI DALAM POSTER PEMANASAN GLOBAL VICTOR VAN GASBEEK. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 3(1). https://doi.org/10.33375/vslt.v3i1.1096

Alston, G. C. (1908). Chapel. In Catholic Encyclopedia. Newyork: Robert Appleton Company.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Indonesia.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kotan, D. B., & Sugiyono, L. (2019). Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Prasetya, E. (2017, Agustus 20). Dari 17.504 Pulau di Indonesia, 16.056 telah Diverifikasi PBB. Maret 15, 2021, diakses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/dari-17504-pulau-di-indonesia-16056-telah-diverifikasi-pbb.html

Rohidi, (1984). http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab4/2012-2-01691-DS%20Bab4001.pdf. Diakses pada 29/05/2021

Rustan, S. (2010). Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sadjiman, E. S. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Sigit, A. (2020, Agustus 25). Mas Riya Cerma Kandhawijaya Jelaskan filosofi Menonton wayang Dari Dua Sisi. Agustus 10, 2021, diakses dari https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/mas-riya-cerma-kandhawijaya-jelaskan-filosofi-menonton-wayang-dari-dua-sisi

Statistik, B. P. (2021, Januari 21). Hasil Sensus Penduduk 2020. Maret 15, 2021, diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html.

Sujamto. (1993). Wayang dan Budaya Jawa (Edisi 2., Vol. 1). Semarang: Dahara Prize.