Komparasi Visual Karakter Hero Video Game Mobile Legends dan Arena of Valor

Isi Artikel Utama

Febi Amelia Nurizki
Deni Albar

Abstrak

Video game menjadi salah satu media hiburan yang dibutuhkan oleh hampir
semua orang. Salah satu kategori video game online yang paling populer saat ini adalah
MOBA. Mobile Legends dan Arena of Valor adalah contoh dari game MOBA yang paling
banyak dimainkan. Kedua game ini memiliki kemiripan dari aspek visual karakter heronya
dikarenakan terinspirasi dari karakter pendahulunya seperti tokoh legenda, makhluk
mitologi, atau bahkan terinspirasi dari kategori makhluk yang ada di bumi yang kemudian
dikombinasikan dengan manusia. Mobile Legends memiliki 4 karakter hero yang mirip
dengan Arena of Valor secara visual. Hal ini membuat kedua game memodifikasi,
menambahkan, atau bahkan merubah elemen visual dari setiap hero untuk menghindari
plagiasi. Adanya modifikasi dari hero-hero tersebut, membuat masing-masing karakter
memiliki kesan/nilai tersendiri. Analisis dari elemen visual dilakukan dengan cara
mengkomparasi visual hero dari kedua game yang memiliki kemiripan menggunakan teori
matrix system sehingga dapat ditemukannya kesan/nilai yang tercipta dari masing-masing
visual. Hasil dari analisis visual hero kedua game yang telah dibandingkan akan menjadi
penentu visual dari karakter mana yang lebih cocok dengan kesan yang dihadirkan.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Deni Albar, Universitas Komputer Indonesia

Desain Komunikasi Visual

Cara Mengutip

Komparasi Visual Karakter Hero Video Game Mobile Legends dan Arena of Valor. (2024). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 4(2), 135-149. https://doi.org/10.34010/divagatra.v4i2.14055

Referensi

Albar, D (2023), Visualisasi Muslim dalam Video Game sebagai Citra Islam dalam dunia Game. Studi Kasus : Call of Duty, Assassins Creed & Battlefield. Visualita: Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 12(1), 85- 98. https://doi.org/10.34010/visualita.v12i1.10645

Adlini, N M., Dinda, H A, Yulinda, S, Chotimah, O., Merliyana J S, (2022) Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka, Medan Ekman, Paul. (2016). Atlas of emotions, diakses pada 4 September 2024 http://www.paulekman.com/atlas-of-emotions/#

Farida, Kholidah dan Sarjono (2020). Penerapan Pembelajaran Psikologi Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memilih Warna pada Desain Kemasan Produk Prodi Manajemen FEB UNISMA, Malang Irfan (2015), PERPADUAN ELEMEN-ELEMEN DESAIN PADA KARYA DESAIN POSTER MAHASISWA, Makassar Kelly (2020) Kenali 3 Jenis Bentuk Tubuh Anda: Endo, Meso, atau Ektomorph, diakses pada 19 Juli 2024, https://www.nkhealth.fit/kenali-3-jenis-tipe-tubuh-anda-endomeso-atau-ektomorph/

Mahmudi dan Abidin, (2022) Komparasi Elemen Visual Desain Jersey Home Club Persebaya musim 2020 dan 2021, Surabaya

Manik, P, Rahadianto, D I, Mario (2023), Perancangan Karakter Game Sebagai Upaya Memotivasi Pola Hidup Mahasiswi Telkom University Fakultas Industri Kreatif, Bandung

Muhdaliha, Sn dan Putra (2019), ANALISIS GAME ARENA OF VALOR DALAM KAJIAN PERSEPSI VISUAL DAN MANGA MATRIX, Jakarta

Silsilahi, U (2015) Metode Penelitian Sosial Kualitatif, PT. Refika Aditama, Bandung

Portal, U. (2016). Kajian Visual Iklan Banner 'Visit Indonesia 1998'. Jurnal Tugas Akhir DKV UNIKOM. Kuncoro (Ed). No. 32. [1], hal. 49–64.

Rochmawati, I. (2019). IWEARUP.COM USER INTERFACE ANALYSIS. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 7(2), 31-44. https://doi.org/10.33375/vslt.v7i2.1459

Roti, S., & Saepul, R. (2012). Perancangan Kampanye Sosial Berjalan Kaki di Kota Bandung, Tesis, Program Magister Desain, Univ. Komputer Indonesia, Bandung.

(2018). Produk Obat Teregister Depkes RI. Sumber: https://www.adsonmedia.com/media/2018/, diakses 28 Maret 2018.