Perspektif Female Gaze Dalam Karya Seniman Modern Indonesia, Emiria Soenassa

Isi Artikel Utama

Apriyulia Apriyulia
Ira Adriati
Nuning Yanti Damayanti

Abstrak

Pencarian identitas bangsa dalam perkembangan seni rupa modern Indonesia telah melahirkan banyak seniman dengan ciri khas masing-masing. Emiria Soenassa, sebagai salah satu pionir seniman perempuan, berperan penting dalam menciptakan visi keberagaman yang menyatukan Indonesia modern saat ini. Karya-karya Soenassa merefleksikan pengalaman hidupnya yang kompleks melalui perspektif female gaze, menjadikannya contoh penting dalam seni rupa modern Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana karya-karya Soenassa memposisikan subjeknya dengan pendekatan female gaze dan bagaimana kontribusinya dalam perjuangan gender dalam seni rupa. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif melalui penelitian arsip. Analisis karya dilakukan dengan menerapkan teori female gaze oleh Laura Mulvey dan konsep Ways of Seeing oleh John Berger untuk memahami cara pandang perempuan serta seni feminis dalam konteks Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai kontribusi seniman perempuan dalam perkembangan seni rupa modern di Indonesia.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Apriyulia Apriyulia, Institut Teknologi Bandung

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Cara Mengutip

Perspektif Female Gaze Dalam Karya Seniman Modern Indonesia, Emiria Soenassa. (2024). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 4(2), 150-164. https://doi.org/10.34010/divagatra.v4i2.13783