Video Iklan Sebagai Media Persuasi Sosial Menyikapi Black Campaign

Isi Artikel Utama

Cahirul Asakusuma

Abstrak

Internet sebagai tanda kemajuan zaman menjadikan teknologi dan informasi semakin maju. Salah satunya adalah informasi dapat diakses dengan mudah dengan hanya mengandalkan smartphone. Bahkan saat ini ranah politik sudah memanfaatkan internet khususnya media sosial hingga terjadinya banyak kasus ulah oknum. Kasus politik yang diusung dalam perancangan persuasi sosial ini adalah hadirnya banyak black campaign menjelang pemilu 2024 mendatang dengan sumber informasi yang tidak valid tersebar di berbagai media sosial. Tersusunnya laporan ini tentunya berlandaskan kasus politik yang menimpa salah seorang Calon Presiden Ganjar Pranowo yaitu tersebarnya black campaign tentang dirinya. Dirancangnya persuasi sosial ini menjadi himbauan bagi masyarakat khususnya target audiens untuk lebih waspada dalam menerima dan membagikan berita yang belum valid kebenarannya. Perancangan ini menggunakan metode AISAS dengan tujuan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada target yang dituju. Perancangan persuasi ini direalisasikan menjadi video iklan layanan masyarakat yang didukung oleh media pendukung lain seperti pembuatan freebies, poster, billboard, brosur juga tidak lupa bisa diakses melalui media sosial Youtube dan Instagram yang bisa diakses lewat linktree.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Video Iklan Sebagai Media Persuasi Sosial Menyikapi Black Campaign. (2023). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 3(2), 308-326. https://doi.org/10.34010/divagatra.v3i2.11306

Referensi

Fatmawati. (2021). Kampanye Politik: Sebuah Pendekatan Fenomenologi. Banyumas: CV. Amerta Media. Diakses pada 01 September 2023. https://www.google.co.id/books/edition/KAMPANYE_POLITIK_Sebuah_Pendekatan_Fenom.

Hendarsah, A. (2009). Buku Pintar Politik: Sejarah, Pemerintah, dan Ketatanegaraan. Yogyakarta: Jogja Great Publisher. Diakses pada 01 September 2023. https://books.google.co.id/books?id=jgZaOj7Web4C&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Kusnadi. (2018). Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher. Diakses pada 01 September 2023. https://www.google.co.id/books/edition/DASAR_DESAIN_GRAFIS/12nDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0.

Nurwidiyanto. (2021). Video Iklan Layanan Masyarakat: Yuk, Jaketan (Jaga Kesehatan). Kemendikbud. Diakses pada 01 September 2023. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/video-iklan-layanan-masyarakat-yuk-jaketan-jaga-kesehatan/

Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI). Diakses pada 01 September 2023. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Desain_Komunikasi_Visual_dalam/.

Rizqi, N. A., & Albar, D. (2023). Desain Komik Etika Sosial dalam Lingkungan Budaya Masyarakat Kampung Adat Cireundeu. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 3(1), 51-70. https://doi.org/10.34010/divagatra.v3i1.9654

Triadi, D., Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Diakses pada 01 September 2023. https://www.google.co.id/books/edition/Ayo_Bikin_Iklan_Memahami_Teori_Praktek_I/.

Utomo, M. A., & Hidayatullah, T. (2022). Desain Poster Kampanye Sosial Mitigasi Verbal Abuse. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(2), 193-204. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i2.8313

Wahyuningratna, R. N., & Ayuningtyas, F. (2022). Edukasi Penggunaan Internet Dan Penerapan Etika Di Dunia Maya Oleh Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pasopati, 4(1), 45 -52

Wijayanti, R. (2023). Cara Edit Foto Hologram: Tips dan Trik. Nasya.id. Diakses pada 01 September 2023. https://rasya.id/cara-edit-foto-hologram