Kampanye Stop Melawan Arus Kendaraan Melalui Media Game Telepon Cerdas
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelanggaran lalu lintas melawan arus di Jl. Cihaliwung sampai Jl. Raya Purwakarta sangat sulit untuk diberhentikan, meskipun sering diadakan razia oleh kepolisan, tetapi pelanggaran masih berlanjut sampai sekarang. Arus jalan satu arah yang panjang membuat para pengendara menuntut keefisienan waktu perjalanan yang lebih pendek, sehingga mereka rela untuk melawan arus jalan. Banyaknya jalan daerah yang tidak terjamah oleh polisi juga menjadi alasan banyaknya pengendara yang tidak memenuhi perlengkapan berkendara yang benar. Persoalan lalu lintas yang tidak terselesaikan lebih dari 10 tahun ini perlu diberhentikan, mengingat jalan tersebut sering dilewati oleh kendaraan truk besar dan tidak jarang menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Solusi perancangan yang disarankan adalah sebuah game simulasi polisi lalu lintas, yang dimana didalamnya terdapat cerita yang berisi pesan kampanye, game tilang polisi yang dapat memberikan pengalaman polisi kepada pemain yang menampilkan seberapa keras kepalanya pengendara yang melanggar, dan hasil dari permaian tilang polisi tersebut yang juga pesan kampanye. Diharapkan perancangan ini dapat membuat masyarakat mengerti akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, khusus nya kepada remaja dan dewasa awal.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal DIVAGATRA setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, memposting artikel ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya tulisan mereka secara daring (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).
Cara Mengutip
Referensi
Adisty, N. (2023). Berapa Angka Kecelakaan Lalu Lintas Di Indonesia Tiap tahun?, dilihat 1 maret 2023, goodstats.id/.
Aulia, R.M.H.S. (2013). Upaya Polrestabes Surabaya Dalam Menanggulangi Pelanggaran Lalu Lintas. PPKn FIS UNESA.
Badan Pusat Statistik. (2020). BPS: 270,20 juta Penduduk Indonesia Hasil SP2020, dilihat 9 Desember 2022, bps.go.id.
Kholilulloh, A. (2022). Banbara, Syahrul Gunawan Alami Kecelakaan di Padalarang Bandung Barat, Begini Ceritanya, 19 juli 2022. bangbara.com.
KOMINFO. (2021). Peta Ekosistem Industri Game Indonesia, dilihat 1 maret 2023, www.kominfo.go.id.
Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini, JILSI Foundation, Bandung.
Nurfauziah, R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku pelanggaran lalu lintas oleh remaja ditinjau dari perspektif konstruksi sosial. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 75-85.
Patria, A.S. & Kristiana, N. (2022). Tipografi. Lakeisha, Klaten.
Persada, S. (2020). Visual Analysis of Cuphead Game. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 8(2), 61-74. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i2.2666
Rania, D. (2022). Apa itu font? Pengertian, fungsi dan cara downloadnya, Rumahweb, dilihat 28 februari 2023. blog.rumahweb.com
Rohidi, T. R. (1984). Lintasan Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru, IKIP Semarang Press, Semarang.
Sadono, S. (2015). Budaya Tertib Berlalu-Lintas: Kajian Fenomenologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3).
Silvianita, H. (2022). Pengertian Game Beserta Sejarah, Manfaat, serta Jenis-jenis Game, Lengkap!, Nesabamedia, dilihat 1 maret 2023. Nesabamedia.com.
Undang-Undang Republik Indonesia No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.