Kampanye Stop Melawan Arus Kendaraan Melalui Media Game Telepon Cerdas

Isi Artikel Utama

Tedi Dwiki Cahyadi
Satria Indra Praja Persada

Abstrak

Pelanggaran lalu lintas melawan arus di Jl. Cihaliwung sampai Jl. Raya Purwakarta sangat sulit untuk diberhentikan, meskipun sering diadakan razia oleh kepolisan, tetapi pelanggaran masih berlanjut sampai sekarang. Arus jalan satu arah yang panjang membuat para pengendara menuntut keefisienan waktu perjalanan yang lebih pendek, sehingga mereka rela untuk melawan arus jalan. Banyaknya jalan daerah yang tidak terjamah oleh polisi juga menjadi alasan banyaknya pengendara yang tidak memenuhi perlengkapan berkendara yang benar. Persoalan lalu lintas yang tidak terselesaikan lebih dari 10 tahun ini perlu diberhentikan, mengingat jalan tersebut sering dilewati oleh kendaraan truk besar dan tidak jarang menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Solusi perancangan yang disarankan adalah sebuah game simulasi polisi lalu lintas, yang dimana didalamnya terdapat cerita yang berisi pesan kampanye, game tilang polisi yang dapat memberikan pengalaman polisi kepada pemain yang menampilkan seberapa keras kepalanya pengendara yang melanggar, dan hasil dari permaian tilang polisi tersebut yang juga pesan kampanye. Diharapkan perancangan ini dapat membuat masyarakat mengerti akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, khusus nya kepada remaja dan dewasa awal.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Tedi Dwiki Cahyadi, Universitas Komputer Indonesia

Desain Komunikasi Visual

Cara Mengutip

Kampanye Stop Melawan Arus Kendaraan Melalui Media Game Telepon Cerdas. (2023). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 3(2), 271-287. https://doi.org/10.34010/divagatra.v3i2.11303

Referensi

Adisty, N. (2023). Berapa Angka Kecelakaan Lalu Lintas Di Indonesia Tiap tahun?, dilihat 1 maret 2023, goodstats.id/.

Aulia, R.M.H.S. (2013). Upaya Polrestabes Surabaya Dalam Menanggulangi Pelanggaran Lalu Lintas. PPKn FIS UNESA.

Badan Pusat Statistik. (2020). BPS: 270,20 juta Penduduk Indonesia Hasil SP2020, dilihat 9 Desember 2022, bps.go.id.

Kholilulloh, A. (2022). Banbara, Syahrul Gunawan Alami Kecelakaan di Padalarang Bandung Barat, Begini Ceritanya, 19 juli 2022. bangbara.com.

KOMINFO. (2021). Peta Ekosistem Industri Game Indonesia, dilihat 1 maret 2023, www.kominfo.go.id.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini, JILSI Foundation, Bandung.

Nurfauziah, R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku pelanggaran lalu lintas oleh remaja ditinjau dari perspektif konstruksi sosial. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 75-85.

Patria, A.S. & Kristiana, N. (2022). Tipografi. Lakeisha, Klaten.

Persada, S. (2020). Visual Analysis of Cuphead Game. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 8(2), 61-74. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i2.2666

Rania, D. (2022). Apa itu font? Pengertian, fungsi dan cara downloadnya, Rumahweb, dilihat 28 februari 2023. blog.rumahweb.com

Rohidi, T. R. (1984). Lintasan Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru, IKIP Semarang Press, Semarang.

Sadono, S. (2015). Budaya Tertib Berlalu-Lintas: Kajian Fenomenologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3).

Silvianita, H. (2022). Pengertian Game Beserta Sejarah, Manfaat, serta Jenis-jenis Game, Lengkap!, Nesabamedia, dilihat 1 maret 2023. Nesabamedia.com.

Undang-Undang Republik Indonesia No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.