Desain Papan Permainan Tokoh Ibnu Battuta
Isi Artikel Utama
Abstrak
Ibnu Battuta merupakan seorang muslim yang terlahir di salah satu kota berpenduduk muslim di negara Maroko, tempat lahir Ibnu Battuta ini ialah kota Tangier. Ibnu Battuta lahir dan besar di kota Tangier, lalu pada usia 21 tahun ia bermimpi pergi berjelajah ke kota-kota yang jauh dari tempat ia tinggal. Hingga akhirnya ia memutuskan mengikuti jejak mimpi tersebut untuk melakukan penjelajahan. Kisah penjelajahan tersebut telah tertulis di buku yang berjudul “rihlah” akan tetapi tidak banyak yang mengetahui keberadaan buku tersebut, dan tidak adanya elemen visual yang yang terdapat di dalam buku tersebut. Hal ini menyebabkan kurangnya ketertarikan masyarakat untuk membaca kisah Ibnu Battuta dari buku rihlah tersebut. Tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk mempelajari kisah Ibnu Battuta, namun permasalahan dari tidak adanya informasi yang memberi tahu keberadaan buku tersebut dan kurangnya elemen visual yang saat ini menjadi salah satu penyebab masyarakat kurang tertarik. Hal ini juga bisa menjadi salah satu peluang untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai kisah Ibnu Battuta dengan penyampaian yang lebih menarik. Papan permainan menjadi solusi pilihan untuk menginformasikan tokoh Ibnu Battuta kepada masyarakat, dikarenakan permainan adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari, dan juga dengan permainan ini masyarakat bisa memiliki bayangan bagaimana Ibnu Battuta ketika melakukan penjelajahan.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal DIVAGATRA setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, memposting artikel ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya tulisan mereka secara daring (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).
Cara Mengutip
Referensi
Albar, D., & Mahardika, W. (2016). VISUALISASI TOKOH PEREMPUAN DALAM GAME MULTIMEDIA BERTEMA SEJARAH KERAJAAN. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(2), 185-193. Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/4726
Anasy, MM, (2020), “Rihlah Ibnu Bathuthah” Pustaka Al-Kautsar, Jakarta.
Dunn, R. E. (2013) “Petualangan Ibnu Battuta (Seorang Musafir Muslim Abad ke-14), Jakarta, cetakan ketiga, November.
Rochmawati, I., & Albar, D. (2022). Implementasi User Interface Pada Multimedia Interaktif Cerita Rakyat Dari Kalimantan Barat. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(2), 51-69. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.6703
Sihobing D., (2017) “Tipografi Dalam Desain Grafis” Jakarta.
Wantoro, S. (2013). Penggunaan Warna Biru Pada Desain Website. Jurnal Ilmiah Unikom, 11(2), 188-193.