Perancangan Buku Ilustrasi Pengaruh Positif Hewan Peliharaan Pada Psikologi Anak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Manusia memiliki berbagai macam pandangan mengenai hewan peliharaan. Hewan peliharaan merupakan hewan yang sudah dijinakkan dan hidup berdampingan dengan manusia. Informasi mengenai pengaruh hewan peliharaan pada psikologi anak tidak tersebar dengan seksama. Psikologi merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Namun, masyarakat kurang mengerti mengenai psikologi. Hewan peliharaan memiliki pengaruh pada psikologi anak yang meliputi sosial, jiwa, mental, dan fisik. Peliharaan mampu membantu anak melatih berbagai macam hal-hal positif melalui kegiatan yang dilakukan bersama. Jenis hewan peliharaan pada perancangan ini adalah anjing, kucing, kelinci, hamster, dan ikan. Banyaknya masyarakat juga yang kurang memperdulikan dan mengerti mengenai psikologi menjadi dasar permasalahan. Buku ilustrasi menjadi media dalam perancangan yang memberikan informasi mengenai aktivitas anak dengan hewan peliharaan dan pengaruhnya terhadap anak.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal DIVAGATRA setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, memposting artikel ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya tulisan mereka secara daring (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).
Cara Mengutip
Referensi
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kamilah, L. I., & Aditya, D. K. (2018). Perancangan Buku Ilustrasi Menghadapi Emosi Anak Usia Dini Bagi Orangtua Muda yang Bekerja. eProceedings of Art & Design, 5(3).
Kurniawan, I., & Novyawati, F. (2019, November). Driving Success of Youth Creative Business Based on Online Market Using Social Media. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 662, No. 3, p. 032002). IOP Publishing.
Madjadikara, A.S. (2004) Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan?. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
McNicholas, J. and Collis, G.M. (2000) Dogs as Catalysts for Social Interactions: Robustness of the Effect. British Journal of Social Psychology, 91, 61-70.
Nurgrahaeni, H. (2016). Hubungan antara Pet Attachment dengan Kualitas Hidup Pada Pemilik Hewan Peliharaan. (1-27).
Rahmiati, D. U., & Pribadi, E. S. (2014). Tingkat Pendidikan dan Status Ekonomi Pemilik Hewan Kesayangan dalam Hal Pengetahuan dan Penerapan Kesejahteraan Hewan. Jurnal Veteriner, 15(3), 386-394.
Randa Januario Pratama, S. K. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi.
Shelby H Wanser, K. R. (2019). Spotlight on The Psychological Basis of Childhood Pet Attachment and It's Implications. Psychology Research and Behavior Management 2019:12, 469–479.
Setiautami, D., & Harnoko, I. (2016). Kajian Redesain Media Poster di Lingkungan Kampus Binus Berdasarkan Faham Wim Crouwel. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 1(1), 67-81.