Desain Poster Kampanye Sosial Mitigasi Verbal Abuse

Isi Artikel Utama

M Andhiko Utomo
Taufan Hidayatullah

Abstrak

Pandemi Covid-19 mempengaruhi aspek kehidupan seperti berbelanja, bekerja, hingga pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan secara offline atau tatap muka telah digantikan pembelajaran online. Pergeseran dari offline ke online berimplikasi pada semua orang yang terlibat, terutama anak-anak dan orang tua, yang memainkan peran kunci dalam kelangsungan pendidikan online. Efek psikologis tidak dapat dihindari ketika anak-anak atau orang tua belajar di rumah. Kasus verbal abuse atau kekerasan verbal pada anak oleh orang tua menjadi naik. Usia anak yang mengalami verbal abuse adalah 10-12 tahun, jenjang pendidikan SD. Dimana pada usia tersebut anak sedang mencoba memahami dirinya sendiri dan membandingkan dengan teman sebayanya. Tanpa bimbingan orang tua anak akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hubungan komunikasi yang tidak baik antara orang tua dan anak merupakan penyebab verbal abuse terjadi. Tujuan yang ingin dicapai adalah mencegah terjadinya verbal abuse pada anak yang dilakukan oleh orang tua dengan media poster memalui media sosial Instagram untuk menyampaikan informasi bagaimana berkomunikasi yang baik antara ibu dan anak.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Desain Poster Kampanye Sosial Mitigasi Verbal Abuse. (2022). DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(2), 193-204. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i2.8313

Referensi

Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31- 42, Oktober, 2017.
Badan Pusat Statistik. (2020). Mayoritas Pemuda Indonesia Menikah di Usia 19-21 Tahun [Set data]. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/23/mayoritas-pemuda-indonesia-menikah-di-usia-19-21- tahun
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Hasil Data Pemenuhan Hak Dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 [Set data]. Tersedia di: https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil- Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf
Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.
Rustan, S. (2008). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.
Soedarso, S. (1990). Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni. Saku Dayar Sana,Yogyakarta.
Suwardikun. W. D. (2000). Merubah Citra Melalui Perubahan Logo. Bandung: ITB Library.
Wantoro W., & Kasmana, K. (2017). Perancangan Font TAPHYC Berbasis Karakter Visual Motif Kain Tapis Lampung. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(1), 82.
Wantoro, W. (2012). Seri Poster Iklan "Petits Gateaux" (Analisa Relasi Antar Tanda: Metafora- Metonimi). Jurnal Visualita, 4(1), 58.
Yusuf (2020). Consumer Insight, Konsep Jitu Mendongkrak Penjualan dan Memenangkan Persaingan. Februari, 21, 2022. Sumber: https://belajardm.com/consumer-insight/.