Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu strukrur perkerasan beton aspal, dicari alternatif – alternatif bahan untuk dicampur dengan aspal ataupun agragat, salah satunya limbah Spent Catalyst sebagai bahan substitusi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat parameter Marshall akibat pengaruh Spent Catalyst tersebut pada campuran Lataston HRS – WC dan menentukan kadar aspal optimum dari masing – masing variasi kadar aspal Spent Catalyst dari bahan substitusi.


Berdasarkan hasil pengujian di laboratorium, maka diperoleh kesimpulan antara lain kadar aspal optimum (KAO) untuk  0%, 50% dan 100% substitusi Spent Catalyst  diperoleh sebesar  9%  dan hasil analisis yang diperoleh bahwa pada kadar 0% dari Spent Catalyst stabilitas dan flow menurun, VFA mencapai nilai maksimum pada kadar Spent Catalyst 50% dimana VIM dan VMA menurun.


Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa penggunaan Spent Catalyst sebagai bahan substitusi campuran HRS – WC berdampak negatif karena mengakibatkan menurunnya nilai stabilitas.