Abstract

Survei fotogrametri dan survei real time kinematic merupakan salah satu metode pemetaan yang digunakan pada skala besar namun dengan waktu yang lebih cepat dan efisien sehingga mampu menghemat waktu dibanding dengan metode pemetaan lainnya. Penggunaan drone dan GPS Geodetik dapat menjadi sarana untuk melakukan pemetaan secara fotogrametri dengan mempertimbangkan ketelitian, jumlah GCP dan jumlah foto.


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan DEM yang kemudian dilanjutkan dengan proses perencanaan geometrik jalan dan visualisasi secara 3 dimensi. Alat yang digunakan pada metode fotogrametri ini adalah drone tipe DJI Mavic Air 1. Jumlah foto udara sebanyak 1.835 foto. Ketinggian terbang drone 100 m dengan overlap/sidelap 75% dan angle camera 90̊. Sedangkan alat yang digunakan pada survei real time kinematic adalah GPS Geodetik Hi-Target V60 RTK. Benchmark dan GCP diambil menggunakan GPS Geodetik dengan jumlah 1 Benchmark sesuai titik alat didirikan dan 10 titik GCP. Proses pengolahan foto udara hingga menjadi DEM menggunakan software Agisoft Metashape Professional. Setelah menjadi DEM, dilanjutkan menjadi peta kontur menggunakan aplikasi ArcMap. Untuk proses perencanaan trase jalan menggunakan Software Autocad Civil 3D 2021.


Peta DEM dan peta kontur dengan resolusi dan akurasi yang tinggi. Pada perencanaan geometrik menggunakan software Autocad Civil 3D dengan kriteria desain yang digunakan adalah A Policy on Geometric Design of Highway and Street 2011 sebagai acuan desain jalan. Jalan ini direncanakan sebagai jalan lingkungan kelas III (wilayah perumahan) dengan Panjang jalan 2,541 km, lebar perkerasan 2 x 2,75 m dengan kemiringan melintang jalan sebesar 3,91%, dan lebar bahu 2 x 1,5 m dan superelevasi bahu 6%. Tipe alinyemen horizontal sebanyak 2 tikungan yakni tikungan tipe SCS (Spiral Circle Spiral) sebanyak 1 tikungan, dan FC (Fulle Circle) sebanyak 1 tikungan sementara alinyemen vertikalnya diperoleh kelandaian sebesar 1,91% yang sudah memenuhi kriteria desain perencanaan geometrik jalan untuk kecepatan rencana 40 km/jam.Volume galian tanah dan timbunan sebesar 85.644,34 m3 dan 105.839,24 m3.