Vol 7 No 1 (2023): Common
Articles

Pengaruh Terpaan Media Sosial @Beritasatu terhadap Minat Berdonasi

Muhamad Ivan Hidayatullah
Universitas Negeri Jakarta
Dini Safitri
Program Studi lmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
K. Y. S. Putri
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosal, Universitas Negeri Jakarta
Vera Wijayanti Sutjipto
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
Marisa Puspita Sary
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Diterbitkan 2023-07-25

Cara Mengutip

Pengaruh Terpaan Media Sosial @Beritasatu terhadap Minat Berdonasi. (2023). Jurnal Common, 7(1), 58-70. https://doi.org/10.34010/common.v7i1.9628

Abstrak

Aksi Cepat Tanggap atau disingkat ACT merupakan salah satu lembaga filantropi terbesar di Indonesia. Dalam perkembangan ACT, Bareskrim Polri menduga telah terjadi penyalahgunaan dana bantuan yang digelontorkan ACT untuk korban kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 tahun 2018. Temuan tersebut disampaikan pihak kepolisian usai dilakukan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan atau PPATK. menyatakan bahwa ada segudang masalah keuangan di ACT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sensus sehingga populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah 106 followers Instagram @beritasatu yang menyukai postingan berjudul “Polri Usut Dugaan Penyalahgunaan Dana di ACT” yang diunggah di 9 Juli 2022. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan media sosial Instagram @beritasatu berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mendonasikan followers Instagram @beritasatu ke lembaga filantropi. Hubungan antara paparan media dan niat untuk berdonasi juga dinyatakan kuat. Perhitungan nilai koefisien determinasi atau R2 menghasilkan sejumlah 0,942. Artinya, terpaan media memiliki pengaruh sebesar 94,2 persen terhadap minat berdonasi. Sedangkan sisanya 5,8 persen merupakan kontribusi variabel lain selain terpaan media.