Vol 4 No 2 (2020): Common
Articles

KOMUNIKASI PARIWISATA 4.0: ANALISIS KAMPANYE DIGITAL DESTINASI WISATA MANDALIKA DAN RAJA AMPAT MELALUI VLOG JOKOWI

Yudanto Prayitno
AKMRTV Jakarta
Dinda Rakhma Fitriani
Universitas Gunadarma
Eviyani Eviyani
AKMRTV Jakarta

Diterbitkan 2021-03-10

Cara Mengutip

KOMUNIKASI PARIWISATA 4.0: ANALISIS KAMPANYE DIGITAL DESTINASI WISATA MANDALIKA DAN RAJA AMPAT MELALUI VLOG JOKOWI. (2021). Jurnal Common, 4(2), 230-244. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4433

Abstrak

Video Blog (Vlog) Presiden Joko Widodo dalam media sosial Youtube merupakan salah satu Vlog yang cukup terkenal di dunia maya. Dalam Vlog Presiden Joko Widodo terdapat beberapa video yang berhubungan dengan pariwisata Indonesia antara lain #JKWVLOG Indahnya Mandalika dan #JKWVLOG Raja Ampat. Presiden Joko Widodo melakukan serta membuat vlog destinasi wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kampanye digital destinasi wisata Mandalika dan Raja Ampat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus untuk menganalisis kampanye digital destinasi wisata Mandalika dan Raja Ampat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi observasi, wawancara, studi pustaka, penelusuran data dilakukan secara online. Komunikasi pariwisata 4.0 merupakan komunikasi digital yang dipengaruhi dengan adaya teknologi informasi dan komunikasi. Perubahan teknologi ini dibarengi dengan perubahan budaya masyarakat yang suka sharing foto dan video. Perubahan budaya tersebut seharusnya dimanfaatkan untuk mengkampanyekan destinasi wisata Mandalika dan Raja Ampat. Jokowi sudah memberi contoh dalam kampanye destinasi wisata Mandalika dan Raja Ampat dengan memanfaatkan media sosial yang lagi trend terutama vlog. Penggunaan vlog oleh Jokowi merupakan salah satu bentuk komunikasi pariwisata 4.0.