Vol 4 No 1 (2020): Common
Articles

MANAJEMEN PROGRAM REALITY COMPETITION SHOW DI TELEVISI

Santi Susanti
Universitas Padjadjaran
Asep Suryana
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
I Gusti Wayan Albar Nugraha
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Diterbitkan 2020-06-29

Cara Mengutip

MANAJEMEN PROGRAM REALITY COMPETITION SHOW DI TELEVISI. (2020). Jurnal Common, 4(1), 92-107. https://doi.org/10.34010/common.v4i1.3280

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengelolaan program hiburan televisi berbentuk reality competition show yang berhasil menarik perhatian penonton melalui tujuh aspek, yakni konflik, durasi, kesukaan, konsistensi, energi, timing dan tren. Metode kualitatif pendekatan studi kasus digunakan dengan subjek penelitian orang-orang yang terlibat dalam produksi D’Academy dan D’Star Indosiar, yaitu tim produksi, pengisi acara dan penonton. Hasil penelitian menunjukkan, D'Academy dan D'Star memenuhi tujuh aspek keberhasilan program hiburan dengan treatment yang hampir serupa sebagai suatu program kompetisi dangdut. Tim produksi pun melakukan komodifikasi pada kedua program tersebut, berupa komodifikasi isi maupun komodifikasi khlayak yang berhubungan dnegan aspek-aspek keberhasilan program hiburan televisi pada D’Academy dan D’Star. Kesimpulan penelitian ini, program D’Academy dan D’Star melakukan proses pembentukan yang hampir sama terhadap aspek-aspek kesuksesan suatu program dan hanya memiliki sedikit perbedaan yang disesuaikan dengan inovasi yang diusung.