Vol 3 No 2 (2019): Common
Articles

WISATA HALAL MUSLIM MILENIAL

Iflah Iflah
Strategic Communication, Magister Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) InterStudi
Kinkin Yuliaty Subarsa Putri
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Diterbitkan 2020-01-11

Cara Mengutip

Abstrak

Wisata halal saat ini menjadi mulai banyak diminati, hal tersebut seiring dengan peningkatan wisatawan muslim dari tahun ke tahun. Pengembangan wisata halal kini banyak dilakukan oleh berbagai negara, baik negara mayoritas muslim maupun non-muslim. Target pasar wisata halal tumbuh pesat pada segmen muslim milenial karena dianggap potensial dalam menggerakkan perkembangan wisata halal. Studi tentang wisata halal ini berupaya memaknai pariwisata budaya yang disinergiskan dengan industri halal sebagai pengalaman spiritual masyarakat modern yaitu muslim milenial. Kajian literatur ini akan membahas tentang muslim milenial di Indonesia sebagai segmen yang utama dalam memanfaatkan potensi yang ditawarkan dari wisata halal dalam negeri maupun luar negeri berdasarkan literatur dan referensi lainnya yang berkaitan dengan wisata halal dan muslim generasi Y. Studi literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi wisata halal dalam dan luar negeri yang berfokus pada segmentasi muslim milenial sebagai populasi yang dianggap potensial dalam meningkatkan perkembangan wisata halal. Memiliki fokus studi dalam sebuah segmentasi tertentu diharapkan mampu memperluas pemahaman akan konsep wisata halal dari sudut pandang generasi muda agar industri pariwisata halal mampu berkembang menyesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan zaman.