PEMANFAATAN X PADA AKUN AUTOBASE @JDRAMAFESS SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI KALANGAN PENGGEMAR DRAMA JEPANG
Diterbitkan 2024-12-19
Cara Mengutip
Abstrak
Perkembangan teknologi telah mengakibatkan menjamurnya kebudayaan pop Jepang secara mendunia, Indonesia menjadi salah satu negara yang merasakan dampak dari kebudayaan pop Jepang. Salah satu wujud kebudayaan pop Jepang yang sedang diminati oleh masyarakat penggemar pop Jepang di indonesia adalah drama Jepang. Fenomena tersebut, menghadirkan terciptanya akun autobase @jdramaafess pada aplikasi media sosial X, yang bertujuan sebagai media komunikasi dalam mencari informasi dan berdisuksi terkait drama Jepang maupun sarana menambah relasi antar sesama para penggemar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan juga dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang dilakukan menggunakan snowball sampling, dimana proses pemilihan informan didasarkan pada pertimbangan bahwa sumber data dengan informasi relevan dan sesuai masalah penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah followers autobase @jdramaafess yang merupakan penggemar drama Jepang. Informan yang dipilih pada penelitian ini sebanyak 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para penggemar drama Jepang dapar memanfaatkan akun autobase @jdramaafess dengan sangat baik sebagai media komunikasi, diantaranya dalam memperoleh kebutuhan informasi, wadah untuk membangun sebuah relasi, sarana edukasi, dan sarana hiburan.
Kata Kunci: Kebudayaan Pop Jepang, Drama Jepang, Autobase, X (Twitter).